Manfaat Terung Jepang untuk Kesehatan

Pertanianku — Terung yang berasal dari Jepang ini sering disebut juga dengan nama nasubi. Terung ini memiliki perbedaan dengan terung lokal yang umumnya lebih sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Perbedaan sudah bisa terlihat jelas dari bentuknya yang lebih cenderung bulat menyerupai telur. Warna kulit buah terung jepang masih sama-sama berwarna ungu, tetapi pada kulitnya terdapat motif seperti batik berwarna krem.

terung Jepang
foto: Pixabay

Nasubi sering diolah menjadi tempura dan campuran salad yang populer di Jepang. Terung ini memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat terung jepang untuk kesehatan tubuh.

Mengandung antioksidan

Terung mengandung antioksidan yang dapat berfungsi untuk melindungi sel-sel otak dan mengontrol kadar lipid.

Mengandung vitamin B

Kandungan vitamin B di dalam terung sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah beragam penyakit. Kandungan vitamin B pada terung dapat menjadi sumber energi bagi tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah.

Kaya akan serat

Terung jepang mengandung serat, terutama pada bagian kulitnya. Kandungan serat tersebut dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati kanker usus. Pasalnya, serat tersebut merupakan sumber nutrisi yang baik utuk saluran pencernaan. Serat berfungsi untuk menyerap racun dan bahan kimia yang dapat mengembang menjadi sel kanker di dalam usus besar.

Kandungan serat di dalam terung jepang bermanfaat bagi seseorang yang tengah menjalani program diet. Hal ini karena serat tersebut dapat membantu menurunkan berat badan. Terung sering disajikan sebagai hidangan pembuka yang dapat membuat perut terasa lebih kenyang sebelum memakan menu utama. Rasa kenyang yang ditimbulkan lebih lama karena serat begerak ke saluran pencernaan secara lambat. Dengan begitu, orang tersebut tidak akan mudah lapar dan tergoda untuk makan.

Baca Juga:  Balitbangtan Membagikan 11 Kunci Budidaya Produksi Jagung Meningkat

Mengandung banyak air

Kadar air di dalam terung berguna melindungi tubuh dari dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan rambut tipis dan kering serta kulit yang bersisik. Dengan begitu, rambut akan terlihat lebih sehat. Namun, kandungan air di dalam terung dapat berkurang ketika terung dimasak atau diolah.