Manfaat Terung Lalapan pada Kuliner Khas Sunda

Pertanianku — Lalapan sudah menjadi ciri khas bagi kuliner khas Sunda yang menjadi daya tarik penikmat kuliner. Ada banyak jenis tanaman yang digunakan sebagai lalapan, mulai dari daun hingga yang berbentuk buah seperti terung. Terung lalapan berbentuk bulat seperti bola berwarna hijau di bagian pangkal dan berwarna putih di bagian atas buah. Warna putih tersebut menyemburat sehingga membentuk motif yang menarik.

terung lalapan
foto: pixabay

Terung lalapan juga sering disebut sebagai terung gelatik, rasanya sangat lezat jika dimakan bersamaan dengan lauk utama dan sambal. Selain lezat, terung lalapan juga menyimpan berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui. Berikut ini beberapa manfaat terung lalapan yang perlu Anda ketahui.

Mencegah osteoporosis

Terung gelatik mengandung kalsium, magnesium, dan kalium yang dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan kepadatan mineral di dalam tulang dan meminimalisir risiko osteroporosis.

Menjaga kesehatan jantung

Terung juga mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk memelihara kesehatan jantung. Kandungan antioksidan tersebut dapat meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan risiko serangan jantung.

Mengendalikan kolesterol di dalam tubuh

Terung berukuran kecil ini bisa membantu tubuh mengatur kadar gula darah karena mengandung polifenol. Pada dasarnya kolesterol di dalam tubuh dapat meningkat akibat kadar gula di dalam darah tinggi. Oleh karena itu, terung lalapan dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Mengendalikan kadar gula darah

Terung merupakan satu-satunya buah yang mengandung polifenol, yakni antioksidan yang dapat membantu tubuh mengurangi penyerapan glukosa dan jenis lainnya. Dengan begitu, terung ini dapat berfungsi ganda, mengendalikan kolesterol dan kadar gula di dalam tubuh.

Cocok untuk diet

Baca Juga:  Mengenal Jenis Durian yang Tidak Bisa Dimakan

Terung lalapan mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Jadi, cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antoksidan di dalam terung lalapan dapat menutrisi kulit sehingga kesehatan kulit lebih terjaga dengan baik. Mengonsumsi terung gelatik secara rutin dapat mencegah kulit kering dan mencerahkan warna kulit. Anda juga bisa menggunakan terung sebagai masker wajah untuk mencerahkan kulit.