Manfaat Tomat untuk Menyembuhkan Penyakit

Pertanianku — Tomat memiliki nama Latin Solanium lycpersicum Linn atau Solanium lycpersicum Mill. Di beberapa daerah buah ini memiliki nama yang berbeda-beda, seperti ambelai (Sumbawa), ranti kenong (Bali), dan antes (Gorontalo). Manfaat tomat tak hanya bisa digunakan untuk menambah cita rasa masakan, buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

manfaat tomat
foto: pertanianku

Buah tomat mengandung asam malik, asam sitrat, adenine, trigonelline, choline, kalsium, fosfor, besi, klorin, karoten, histamine, kolin, tomatin, likopen, vitamin B1, B2, dan C. Pada bagian daunnya mengandung alkaloid, amygdalin, arbutin, dan peptin. Buah ini memiliki rasa yang sejuk, manis, dan asam.

Manfaat tomat bisa digunakan sebagai antiseptik usus, antireptik, penawar racun, penghilang rasa haus, melancarkan aliran empedu, pencahar ringan, dan merangsang keluarnya enzim lambung. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan manfaat tomat.

Loading...

Jerawat

Cuci bersih satu buah tomat berukuran sedang yang sudah masak. Selanjutnya, jus buah tersebut dan tambahkan alkohol 70 persen sebanyak 100 ml ke dalam jus dan aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok muka yang berjerawat.

Demam

Cuci bersih tiga buah tomat yang sudah masak dan iris tipis. Tambahkan ½ cangkir air matang dan lumatkan hingga halus. Peras tomat yang sudah lumat dan saring. Minum air saringan tersebut sekaligus. Agar lebih berkhasiat dan nikmat, Anda bisa menambahkan madu. Namun, jangan tambahkan madu untuk penderita kencing manis.

Radang usus buntu dan sakit kuning

Buat jus tomat secukupnya dan minum jus tersebut sebanyak 3 kali sehari, masing-masing sebanyak satu gelas. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal.

Hipertensi

Cuci bersih buah tomat segar sebanyak 1 atau 2 buah. Makan buah tersebut pada pagi hari saat perut masih kosong.

Baca Juga:  Pepaya Carmida Bagus untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

Lemas akibat gula darah rendah

Minum jus tomat segar secara rutin setiap harinya untuk mengembalikan energi akibat gula darah rendah.

Kurap dan kulit terbakar sinar matahari

Cuci bersih buah tomat segar atau daun tomat. Tumbuk bahan hingga halus dan oleskan ramuan pada bagian yang sakit.

 

 

 

 

Loading...
Loading...