Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Ubi ungu merupakan salah satu tanaman pangan yang baik untuk tubuh. Hal ini karena selain bisa menyuplai kebutuhan karbohidrat, ubi ungu juga mengandung antosianin untuk meningkatkan produksi antioksidan. Manfaat ubi ungu lainnya yang tidak kalah penting ialah mencegah tubuh tidak mudah sakit.

manfaat ubi ungu
foto: Pixabay

Kadar antosianin di dalam ubi sangat dipengaruhi oleh jenis ubi. Ubi ungu yang mengandung antosianin yang cukup tinggi antara lain Antin 3. Kadarnya dapat mencapai lebih kurang 150,7 mg/100 gram ubi. Varietas Antin 3 juga memiliki kelebihan lain berupa tahan terhadap penyakit kudis, hama boleng, dan toleran kekeringan.

Antosianin ubi ini berfungsi sebagai antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, serta penyakit jantung dan stroke.

Sesuai dengan namanya, ubi ini berwarna ungu pada bagian kulit hingga dalam umbi. Rasa ubi ungu manis dan sangat lezat dikonsumsi secara langsung. Masyarakat juga sering mengolah ubi ungu menjadi berbagai panganan yang kaya gizi dan lezat, seperti keripik atau kolak biji salak.

Berikut ini beberapa jenis manfaat ubi ungu yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Tekanan darah

Kandungan antioksidan di dalam ubi ungu tidak hanya mampu melindungi tubuh agar tidak mudah sakit, tetapi juga dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan usus

Berdasarkan hasil penelitian, ubi ungu terbukti mampu menjaga kesehatan usus karena di dalamnya terkandung pati resisten yang mampu meningkatkan Bifidobacteria (bakteri baik di dalam usus).

Mengendalikan jantung dan pembuluh darah

Ubi ungu mengandung serat, antioksidan, mineral, dan vitamin B yang dapat berfungsi mengendalikan peradangan pada jantung dan pembuluh darah.

Mencegah berbagai jenis kanker

Ubi ungu terbukti mampu mencegah kanker pada manusia karena di dalamnya terkandung antosianin efek antioksidan, antikarsinogenik, dan anti-inflamasi. Selain itu, ubi ini juga mengandung betakaroten serta vitamin E dan C yang dapat bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah kanker dan penyakit kardiovaskuler.

Baca Juga:  Budidaya Padi Ramah Lingkungan Berhasil Melakukan Panen Perdananya

Ubi ini juga mengandung zat selenium dan iodin yang lebih tinggi daripada jenis ubi lain sehingga ubi ungu dapat berguna sebagai antikanker.