Manfaat Wortel, Menjaga Kesehatan Mata dan Mempertajam Penglihatan

Pertanianku — Bagian yang dikonsumsi dari tanaman wortel adalah akar tuggang yang membesar menjadi umbi berdaging berwarna jingga. Manfaat wortel yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata. Bukan saja sehat, penglihatan seseorang yang rajin mengonsumsi wortel dapat menjadi lebih terang ketika malam hari.

manfaat wortel
foto: Pertanianku

Wortel merupakan sumber provitamin A (beta karoten), serat, dan mengandung beragam jenis senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit kanker dan serangan jantung.

Umbi sayur ini mengandung gula yang lebih banyak dibanding jenis sayuran lain. Selain itu, wortel mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, nutrisi antikanker, gula alami (fruktosa, sukrosa, dektrosa, laktosa, dan maltose), mineral (kalsium, fosfor, besi, kalium, natrium, magnesium, tembaga, kromium, glutation, dan tembaga), vitamin (A, B1, B6, C, E, dan K), pectin, biotin, serta asam folat.

Satu buah wortel berukuran sedang mengandung sekitar 15.000 IU beta karoten. Senyawa beta karoten bermanfaat untuk menajamkan penglihatan yang berkurang pada malam hari. Kondisi tersebut sering dialami oleh penderita rabun senja. Senyawa tersebut juga bisa digunakan untuk melindungi mata dari degenerasi macula dan menekan perkembangan katarik sinilis yang biasa timbul pada usia lanjut.

Senyawa beta karoten juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker, mencegah teroksidasinya asam lemak tak jenuh ganda, menjaga kesehatan kulit, serta menghambat proses penuaan.

Kandungan serat di dalam wortel juga terbilang cukup tinggi. Kandungan serat tersebut sangat berkhasiat laksatif dan berguna untuk mengatasi sembelit.

Setiap mengonsumsi 1 mangkuk wortel, Anda sudah memenuhi sebanyak 25 persen kebutuhan karoten setiap hari. Dalam 100 gram wortel terdapat 41 kalori, 9,6 karbohidrat, 4,5 gula, dan 3 gram serat.

Baca Juga:  Trik Mengatasi Serangan Hama Lalat Buah pada Tanaman Belimbing

Anda bisa mengonsumsi wortel dalam keadaan mentah seperti dibuat menjadi jus atau salad. Namun, umumnya wortel dikonsumsi dalam keadaan sudah diolah matang menjadi menu sayur. Teknik memasak wortel yang paling bagus adalah dikukus atau direbus sebentar. Teknik tersebut dapat memperbesar penyerapan beta karoten di dalam wortel.