Manfaat Wortel Tak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Lainnya!


PertaniankuManfaat wortel ternyata tidak hanya untuk menyehatkan penglihatan. Selain itu, wortel juga berguna untuk melangsingkan tubuh hingga tingkatkan sistem imunitas.

manfaat wortel
Pixabay

Wortel adalah sumber beta karoten, pigmen alami yang digunakan oleh tubuh untuk membentuk vitamin A dan mengandung serat tinggi. Wortel yang dikonsumsi segar bisa atasi sembelit dan menjaga kolesterol tetap sehat serta cegah penyakit jantung. Wortel mengandung kalium sehingga dapat menurunkan kolesterol dan retensi air.

Jika Anda rutin mengonsumsi wortel, ada lima keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini manfaat wortel bagi kesehatan.

  1. Tingkatkan kesehatan mata

Wortel telah dianggap sebagai obat tradisional yang bisa tingkatkan kesehatan mata. Seperti yang tertulis di buku Healing Foods, wortel kaya akan lutein dan likopena yang membantu menjaga penglihatan di malam hari. Vitamin A yang tinggi dari wortel dapat membantu meningkatkan penglihatan jadi lebih sehat.

  1. Turunkan berat badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau sedang menjalankan program diet, Anda bisa memilih sayuran tinggi serat ini. Wortel dengan serat larut dan tidak larut sangat baik untuk optimalkan program diet Anda.

Butuh waktu lama untuk mencerna makanan tinggi serat sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari mengonsumsi makanan secara berlebih yang bisa menyebabkan berat badan naik.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Wortel mengandung vitamin, mineral, dan anti-oksidan seperti vitamin B6 dan K, kalium, fosfor, dan lain-lain memberikan kontribusi untuk kesehatan tulang. Selain itu, baik untuk menguatkan sistem saraf dan otak.

Fungsi anti-oksidan yang terkandung pada wortel selain membantu tubuh melawan radikal bebas juga bisa menjaga tubuh terhadap bakteri berbahaya, virus, dan peradangan.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung
Baca Juga:  Cara Paling Efektif Konsumsi Alpukat untuk Ibu Hamil

Kandungan serat tinggi yang terdapat pada wortel juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, dapat menghilangkan kolesterol LDL dari dinding arteri dan pembuluh darah. Wortel mengandung kalsium yang mudah diasimilasi oleh tubuh dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol (LDL).