Manfaat Wortel yang Perlu Anda Ketahui

Pertanianku — Wortel termasuk jenis sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat. Sayuran ini bisa Anda olah menjadi berbagai hidangan, mulai dari direbus biasa hingga digoreng menjadi bakwan. Namun, satu hal yang perlu Anda perhatikan, proses pengolahan dapat menurunkan manfaat wortel. Oleh karena itu, lakukan pengolahan dengan benar.

manfaat wortel
foto: PIxabay

Wortel mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya vitamin A. Berikut ini beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan mata

Wortel kaya akan zat beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A. Kandungan vitamin A tersebut, kemudian akan ditransformasikan ke retina, rhopsin, dan pigmen ungu yang bisa mempertajam penglihatan di malam hari.

Selain diubah menjadi vitamin A, beta karoten juga melindungi tubuh dari degenerasi makula dan katarak. Jenis penyakit mata ini biasanya sering menyerang kesehatan mata orang-orang lanjut usia. Dalam sebuah studi membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi beta karoten memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena penyakit mata daripada yang tidak mengonsumsinya.

Membuat kulit tetap sehat

Wortel mampu menghilangkan noda hitam akibat pigmentasi. Caranya, gunakan wortel sebagai bahan masker wajah atau konsumsi secara langsung. Selain menghilangkan noda hitam, rutin mengonsumsi wortel bisa membantu kulit Anda untuk tetap sehat.

Menjaga kekebalan tubuh

Sistem imun pada tubuh sangat berperan dalam menjaga kesehatan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengombinasikan wortel dengan ketumbar, kombinasi tersebut dapat mencegah virus-virus menyerang tubuh. Cara memanfaatkannya sangat mudah, yaitu dengan membuat sup wortel, kemudian sedikit mencampurnya dengan ketumbar sebagai bumbu.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University baru-baru ini, rutin mengonsumsi enam buah wortel seminggu bisa mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh sehingga bisa menekan risiko terkena penyakit jantung. Zat antioksidan yang ada dalam wortel juga sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa memicu penyakit jantung.

Baca Juga:  Teknologi BPRL Sukses Tingkatkan Hasil Petani di Cirebon

Mengurangi risiko kanker

Kandungan beta karoten wortel dipercaya sangat ampuh mencegah tubuh dari serangan kanker. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi wortel dua kali sehari bisa menurunkan 17 persen risiko terkena kanker payudara.