Manfaatkan Sisa Kulit dan Kepala Udang Jadi Kaldu Udang

Pertanianku — Kulit udang dan kepala udang biasanya tidak diolah saat membuat berbagai olahan udang. Keberadaan kulit dan kepala udang akan merusak tekstur dan cita rasa udang. Memang kedua bahan ini memiliki tekstur keras yang sulit dikunyah. Namun, soal rasa sebenarnya keduanya sangat bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kaldu udang.

kaldu udang
Foto: pixabay19

Beberapa jenis masakan menggunakan kaldu udang sebagai kuah khasnya. Sebut saja tom yum, sup ikan, dan masih banyak lagi. Masakan-masakan tersebut akan kurang lezat tanpa kuah udang yang nikmat. Sayangnya, pembuatan kuah udang dengan hanya menggunakan daging udangnya saja tidak akan selezat kuah udang yang dibuat dengan menambahkan kulit dan kepala udang.

Langkah yang Anda lakukan untuk membuat kaldu udang nikmat pun sangat sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan adalah kulit dan kepala udang biasa. Anda juga bisa menggunakan udang utuh jika Anda tidak mengolah terpisah bagian dalamnya.

Loading...

Cuci bersih udang atau kulit dan kepala udang yang akan digunakan. Cuci dengan air mengalir agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Jika sudah, sangrai kulit dan kepala udang. Gunakan sedikit minyak untuk melakukan penyangraian ini.

Lakukan penyangraian hingga kulit dan kepala udang tampak kemerahan. Selain itu, lakukan proses pengolahan ini hingga kulit dan kepala udang kering. Aroma wangi akan keluar jika proses penyangraian sudah cukup.

Segera tuang air mendidih pada wadah yang Anda gunakan untuk menyangrai. Tak perlu mengangkat kulit ataupun kepala udang terlebih dahulu. Masukkan pula sepotong jahe pada air mendidih tersebut. Fungsi dari jahe ini adalah untuk mengurangi rasa amis pada kaldu udang.

Rebus dengan api kecil hingga air yang digunakan untuk merebus berkurang. Lama-kelamaan, air ini akan berubah warna menjadi lebih keruh. Warna kaldu udang yang sudah matang adalah oranye kecokelatan.

Baca Juga:  Ikan Cobia, Gabus Laut Berpotensi Bisnis

Matikan api jika kaldu sudah siap. Gunakan saringan untuk menyaring kulit dan kepala udang, serta jahe pada kaldu. Kaldu nikmat nan gurih pun siap digunakan untuk olahan masakan lain. Tak hanya untuk masakan berkuah, kaldu udang juga dapat digunakan pada masakan tumisan.

Loading...
Loading...