Manfaatkan Taman Kantor untuk Lahan Tanaman Obat


Pertanianku — Tren tanaman obat keluarga (tanaman toga) semakin berkembang. Ternyata, memiliki taman tanaman toga juga tidak hanya menjadi obsesi seseorang di lingkungan rumah saja, tapi juga timbul keinginan untuk menghadirkannya di lingkungan kantor.

tanaman obat
Foto: Google Image by HuffPost Canada

Pada dasarnya, lingkungan kantor membutuhkan dua jenis tanaman agar dapat menjadi asri, baik tanam perdu (rindang) maupun tanaman hias. Sebagaimana dikutip di situs depkes.go.id, ada beberapa tanaman obat, baik dari golongan perdu maupun taman yang dapat dijadikan penghias lingkungan kantor.

Tanaman-tanaman obat perdu seperti melati, delima, pacar cina, dan sirsak merupakan pilihan yang sangat tepat. Tanaman-tanaman tersebut memiliki manfaat medis yang sangat manjur mulai penyakit pencernaan hingga penyakit ginjal.

Selain tanaman perdu, laman kumiskucing.org menambahkan tanaman hias seperti kumis kucing, kencur, daun sirih, dan sejenisnya juga dapat dijadikan tanaman hias yang mempercantik taman atau lingkungan kantor.

Bahkan jika Anda mau bereksperimen, beberapa jenis tanaman seperti daun sirih yang memiliki beberapa warna ternyata juga dapat hidup di dalam ruangan dengan medium tumbuh berupa air. Nah, Anda tentu ingin sekali memiliki taman mini di dalam kantor di mana tanaman sirih sebagai tanaman obat mengiasi di setiap sudut kantor.

Dengan berbagai manfaat secara medis ataupun secara dekoratif, tentu Anda ingin segera memiliki taman di lingkungan kantor di mana tanaman obat sebagai penghiasnya. Selamat bereksperimen!

Baca Juga:  Di NTT, Penanaman Pohon Kelor Diwajibkan