Mangga-mangga Introduksi Favorit

PertaniankuMangga introduksi merupakan buah yang berasal dari luar negeri dan dibudidayakan di Indonesia. Sudah banyak buah mangga introduksi yang tersebar di Indonesia sejak 42 tahun silam. Namun, hanya ada beberapa tanaman mangga introduksi yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia dan menghasilkan buah yang disukai masyarakat. Buah mangga tersebut adalah mangga namdokmai, chokanan, irwin, dan haden.

mangga introduksi
foto: pixabay

Namdokmai

Mangga namdokmai berasal dari Thailand, buahnya berbentuk runcing dan memanjang dengan warna kulit yang hijau kekuningan. Sebenarnya, mangga namdokmai merupakan versi perbaikan dari mangga okyong yang sudah lebih dahulu masuk ke Indonesia.

Kelebihan namdokmai adalah genjah, jumlah buah dalam satu tandan cukup banyak, dan ukuran buahnya lebih besar. Selain itu, rasa buah namdokmai cocok dengan lidah orang Indonesia dan tingkat produktivitas tanaman cukup tinggi sehingga tanaman ini terbilang mudah berbuah.

Chokanan

Mangga chokanan juga berasal dari Thailand seperti mangga namdokmai. Mangga chokanan juga sering disebut sebagai mangga madu karena rasanya manis seperti madu. Mangga ini sangat lezat dimakan langsung meskipun kulit buah masih berwarna hijau. Ketika buah sudah terlalu matang, daging buah akan terasa sangat manis.

Pohon mangga chokanan tahan terhadap serangan hama penggerek batang sehingga banyak pehobi yang senang menanamnya. Selain itu, sosok pohon yang dijadikan tabulampot juga terbilang cukup indah.

Mangga irwin

Mangga irwin berasal dari Australia, rasa mangga irwin sedikit berbeda dengan mangga lokal. Tekstur dagingnya agak padat, agak berair, berserat halus, dan mengandung sedikit tepung. Daging buah mangga irwin terasa manis dan sedikit asam. Selain itu, daging buah juga mengeluarkan aroma khas seperti pada mangga kweni.

Mangga irwin juga sering jadikan tabulampot karena penampilan tanaman yang menarik dengan buah berwarna ungu.

Baca Juga:  Merangsang Pohon Berbuah dengan Pelukaan dan Pengerokan

Mangga haden

Mangga haden merupakan mangga introduksi yang berasal dari Amerika Serikat. Mangga ini merupakan salah satu jenis mangga unggul dengan warna kulit buah yang sangat menarik. Selain warna kulit buahnya, rasa mangga haden juga terbilang cukup berbeda dari jenis mangga lokal di Indonesia.

Buah mangga haden berbentuk bulat. Ketika masih muda, berwarna ungu di bagian pangkal buah dan hijau di bagian ujung buah.

Jika Anda tertarik untuk menanam keempat jenis mangga introduksi favorit tersebut, Anda bisa membaca cara menanam hingga panen dalam buku Mangga Top di Kebun dan Pot terbitan Penebar Swadaya. Dalam buku tersebut dibahas cara menanam di lahan dan pot, sangat cocok untuk Anda yang baru saja mulai menanam ke-4 jenis mangga tersebut. Informasi lebih lanjut untuk mendapatkan buku ini, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bibit mangga introduksi Thailand, Anda bisa berkunjung ke Toko Trubus terdekat di kota Anda. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam keperluan bertanam, mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, media tanam, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus


loading...