Mangga Merah, Buah Kekinian Idola Baru Masyarakat


Pertanianku — Pernahkah Anda mencicipi buah mangga merah? Ya, buah mangga ini memang memiliki penampakan yang berbeda dari buah mangga pada umumnya. Kulit buah mangga ini berwarna merah dan memiliki cita rasa manis yang sesuai dengan selera konsumen.

mangga merah
Foto: Google Image

Seperti dikutip dari Majalah Trubus, Muhammad Sofi, seorang pembudidaya mangga di Pasuruan, Jawa Tengah pernah bernazar akan menebang ke-30 pohon mangga yang ia tanam. Konon, katanya buah mangga itu berkulit merah dan bagi Sofi jenis mangga itu tergolong baru. Sebab, selama ini ia menanam mangga varietas gadung 21 yang berkulit hijau.

Akan tetapi, Sofi mengurungkan niatnya untuk menebang pohon mangga itu saat melihat tanaman anggota famili Anacardiacasae itu mulai berbuah pada 2013. Menurut pengakuannya, ia menanam pohon mangga itu pada 2010 silam. Ternyata benar, mangga itu memiliki warna kulit merah terutama saat kondisi buah matang maksimal warna merahnya jadi lebih pekat.

Setiap pohon yang berumur 3 tahun itu menghasilkan buah mangga sebanyak 30 kilogram. Jadi, keseluruhan Sofi memanen buah mangga merah sebanyak 300 kilogram. Namun, kekhawatiran lain justru muncul di benak Sofi, yakni apakah mangga seperti itu laku di pasaran?

Ia pun mencoba untuk menawarkan hasil panennya pada salah satu toko buah di Jakarta. Sofi sangat senang karena ternyata buah mangga hasil panennya laku terjual dengan harga Rp7 ribu per kilogram. Jika dihitung secara keseluruhan dari hasil panen itu ia meraup omzet sebesar Rp7,5 juta.

Sofi menuturkan, mangga berkulit merah itu diberi nama gurifta. Pada 2010, ia memperoleh bantuan bibit dari Kebun Percobaan (KP) Cukurgondang di Kabupaen Pasuruan, Jawa Timur.

Pada 2017, Sofi menjual 1 ton mangga garifta dengan omzet Rp25 juta. Kali ini yang dijual tak hanya hasil panen dari kebunnya saja, tapi ia juga membeli garifta dari 4 perkebunan lain yang menanam mangga jenis ini pada 2010.

Baca Juga:  Ingin Buah Kelengkeng Makin Legit? Yuk, Coba Teknik Ini

Peneliti mangga di Kebun Percobaan Cukurgodang, Ir. Rebin mengungkapkan bahwa garifta merupakan hasil seleksi dari 250 jenis plasma nuftah mangga yang tumbuh di sana. Dari hasil karakterisasi, evaluasi, dan seleksi yang dilakukan para peneliti, mereka memperoleh 4 varian garifta yang memiliki warna kulit buah menarik, yakni merah, kuning, jingga, dan gading.

loading...
loading...