Manggis, Antikanker yang Sudah Mendunia

PertaniankuBuah manggis sudah terkenal sebagai buah yang multifungsi karena memiliki banyak khasiat dalam dunia kesehatan. Salah satu khasiat terpenting dari buah manggis adalah antikanker.

buah manggis
foto: Pertanianku

Buah manggis cukup mudah ditemukan di Indonesia dan disukai sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang menyegarkan dan berdaging lembut. Saat ini bukan hanya daging buah manggis yang sering dikonsumsi, melainkan kulit buah manggis juga sudah dikonsumsi dalam bentuk olahan karena telah terbukti berkhasiat menjaga kesehatan tubuh.

Pada 2002, peneliti dari Departement of Microbiology, Faculty of Pharmacy, Mahidol University di Thailand telah meneliti beberapa tanaman herbal yang memiliki sifat antikanker terhadap aktivitas adenokarsinoma di saluran payudara dengan menggunakan MTT assay.  Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kandungan alpha mangostin pada buah manggis memiliki efek terkuat dalam menimbulkan kematian sel-sel kanker.

Tim peneliti dari Tumor Pathology Division, Faculty of Medicine, Ryukyus University, Okinawa, Jepang telah melakukan percobaan dengan menggunakan mencit untuk melihat kemampuan alpha mangostin menghambat pertumbuhan sel-sel kanker kolon selama lima minggu. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa alpha mangostin tersebut berpotensial untuk digunakan sebagai kemopreventif.

Tim peneliti dari Division of Medicine Chemistry and Pharmacognosy, Ohio State University, Amerika Serikat juga mempertegas bahwa sifat antioksidan pada alpha mangostin berperan sangat penting utnuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, tim peneliti tersebut juga memberikan konklusi dari riset yang telah dilakukan bahwa alpha mangostin dapat menjadi agen kemopreventif yang diasup melalui suplemen.

Di dalam buah manggis juga terdapat senyawa garcinone E yang merupakan bagian dari Xanthone. Senyawa tersebut juga tidak kalah ampuh untuk mengatasi kanker. Hal tersebut telah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh Medical Research and Education Departement of the Veterans General Hospital di Taiwan dan tim peneliti dari Departement of Chemistry, Faculty of Science, Srinakharinwirot University, Thailand.

Baca Juga:  Kandungan Nutrisi pada Jeruk Bali

Kedua penelitian tersebut menunjukkan bahwa senyawa garcinone E yang terdapat di dalam buah manggis memiliki sifat apotosis yang kuat terhadap sel kanker paru-paru.