Khasiat Manggis Untuk Mengobati Penyakit HIV dan Stroke


Pertanianku – Salah satu keunggulan manggis yang belum dijumpai pada buah lain adalah potensinya untuk menghambat perkembangan human immunodeficiency virus (HIV) penyebab acquired immunodeficiency syndrome (AIDS). Beberapa dokter dan terapis telah memanfaatkan kulit manggis untuk terapi pasien pengidap AIDS.

Khasiat Manggis Untuk Mengobati Penyakit HIV dan Stroke

Pemanfaatan itu bukan tanpa dasar. Penelitian SX. Chen, M. Wan, dan BN. Loh yang dimuat dalam jurnal Planta Medica menyebutkan bahwa alpha mangostin dan gamma mangostin dapat menghambat HIV-1 protease, yaitu enzim yang berperan dalam replikasi HIV. TanpaHIV-1 protease, virus tersebut tak dapat menginfeksi sel. Pada penelitian tersebut, mangostin dengan konsentrasi 5,12±0,41 μM dan γ-mangostin dengan konsentrasi 4,81±0,32 μM dapat menghambat 50% aktivitas HIV-1 protease. Penelitian lain juga dilakukan tim peneliti dari University of Antwerp, Belgia yang menunjukkan hal serupa. Benar saja, hasil penelitian tersebut menyebutkan mangostin dapat menghambat siklus replikasi HIV.

Kelebihan lain dari kulit manggis adalah memiliki sifat antihiperkolesterolemia. Kelebihan itu terungkap berkat riset di Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga.Riset memakai ekstrak kulit manggis pada tikus putih jantan umur 3—4 minggu yang diinduksi MDTL. MTDL ini merupakan senyawa pemicu hiperkolesterolemia. Penelitian dengan memberikan ekstrak kulit manggis selama tujuh hari itu pada berbagai dosis memperlihatkan terjadinya penurunan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL). Sementara itu, tikus yang diberi ekstrak kulit manggis 50 mg/kg dan 150 mg/kg bobot badan menunjukkan peningkatan kadar kolesterol baik atau high densitylipoprotein (HDL).

Riset itu juga menyimpulkan kadar kolesterol itu berhubungandengan salah satu senyawa di kulit manggis, yakni mangostin. Senyawa itu  berperan menghalangi pelepasan hormon prostaglandin E. Prostaglandin E berperan menghambat sintesis cAMP sehingga proses lipolisis atau pemecahan lemak akan berkurang. Pengurangan itu otomatis membuat kolesterol jahat juga berkurang sehingga risiko terkena stroke ringan dan lanjutan bisa diminimalisir.

Baca Juga:  Khasiat Sarang Walet dalam Semangkuk Sup

Sumber: Buku Ramuan dan Khasiat Kulit Manggis

loading...
loading...