Manggis, dari Tanaman Buah Hingga Tanaman Obat


Pertanianku – Di dunia, manggis terkenal sebagai queen of fruits alias ratu buah. Maklum, ia termasuk buah eksotik dengan bentuk buah yang indah, daging buah yang putih halus, serta rasanya yang lezat. Wajar bila manggis sangat digemari konsumen, baik di dalam maupun luar negeri.

Manggis,Dari Tanaman Buah Hingga Tanaman Obat

Di Indonesia, manggis merupakan salah satu buah tropika unggulan nasional dan menjadi primadona penghasil devisa negara. China adalah Manggis. Lebih populer sebagai tanaman buah dibandingkan dengan tanaman obat pasar terbesar manggis Indonesia. Pada tahun 2009, China mengimpor manggis Indonesia sebanyak 8.160 ton senilai USD 14.280.000,00. Negara lain yang mengimpor manggis antara lain Jepang, Brunei, Hongkong, Arab Saudi, Kuwait, Taiwan, Oman, Belanda, Perancis, Swiss, dan Amerika Serikat. Peluang pasar luar negeri diperkirakan akan terus meningkat dengan penambahan volume 10,7% per tahun.

Peluang pasar ekspor manggis memang sangat besar, tetapi hingga saat ini hanya sebagian kecil saja produksi manggis Indonesia yang dapat diekspor. Contohnya manggis asal Provinsi Banten. tahun, salah satu sentra manggis itu menghasilkan 23.680 kuintal buah dan hanya 35% yang lolos seleksi ekspor. Hal serupa terjadi di sentra lain, yaitu Leuwiliang, Kabupaten Bogor, jumlah buah layak ekspor hanya 40%.

Hal itu salah satunya karena lantaran mutu manggis Indonesia yang masih rendah sehingga sulit bersaing di pasar internasional. Maklum, selama ini banyak buah manggis terserang getah kuning yang mengakibatkan penampilan buah menjadi tidak mulus. Sayangnya, mulus merupakan syarat mutlak untuk ekspor. Buah yang tidak lolos ekspor pun dijual ke pasar lokal atau diolah menjadi jus, puree, atau dodol. Dalam pengolahan tersebut, pada umumnya hanya daging buahnya saja yang dimanfaatkan. Sementara itu, biji dan kulit buahnya dibuang. Ya, selama ini kulit buah manggis adalah limbah yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Namun, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kandungan dan khasiat kulit buah manggis mulai banyak terkuak. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tanaman manggis—mulai dari daun, buah, akar, hingga kulit batang—mengandung banyak khasiat sebagai obat.

Baca Juga:  Cara Menanam Semangka Sistem Hidroponik

Sumber: Buku Ramuan dan Khasiat Kulit Manggis