Manisnya Keuntungan Berkebun Melon Premium

Pertanianku — Permintaan melon premium kian meningkat karena perubahan gaya hidup masyarakat, terutama masyarakat perkotaan. Bobot melon ekslusif ini terbilang lebih kecil dari melon konvesional pada umumnya, tetapi para konsumen tetap rela membayarnya lebih mahal. Karena bobotnya kecil, buah melon tersebut bisa langsung dihabiskan dalam sekali makan.

Melon premium
foto: Pertanianku

Sisi eksklusif melon premium terlihat dari bentuk fisik buah yang sangat bagus sehingga banyak yang menggunakan buah melon ini menjadi buah tangan di hari-hari besar dan keagamaan.

Meski lebih mahal dibanding melon biasa, nyatanya melon eksklusif memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Pasalnya, harga yang mahal akan menyebabkan permintaan melon ini menjadi rendah apabila dipasarkan bersamaan dengan melon konvensional.

Melon-melon premium tersebut dihasilkan dari sistem budidaya hidroponik. Sistem hidroponik dapat membuat hasil produksi menjadi lebih seragam dan kulit buahnya mulus. Selain itu, pekebun melon ekslusif ini juga berinovasi dengan mengubah bentuk melon menjadi kotak atau berbentuk hati agar lebih menarik.

Hingga saat ini pangsa pasar melon eksklusif ini terbilang masih sedikit pesaing. Namun, untuk pekebun yang ingin memasuki pangsa pasar tersebut harus bekerja keras untuk berhasil. Pekebun harus mampu menghasilkan buah melon yang berkualitas. Hal ini karena kualitas tersebut yang menjadi pembeda dari melon konvensional.

Ir. Yoga Purnomo, salah satu pekebun melon premium hidroponik yang kini sudah berhasil mengisi pasar melon eksklusif. Kisah keberhasilannya dimuat pada majalah Trubus edisi Februari 2021. Buah-buah yang dihasilkan dari kebun Yoga langsung disalurkan ke swalayan-swalayan.

Salah satu alasannya memilih pangsa pasar melon premium karena pemainnya masih relatif sedikit, sedangkan permintaannya cukup tinggi.

Permintaan tersebut semakin tinggi saat masyarakat mulai peduli terhadap pola gaya hidup sehat dan maraknya edukasi kepada konsumen. Bahkan, permintaan tersebut tidak dipengaruhi oleh kondisi pandemi.

Baca Juga:  Buah Tomat Tanpa Biji

Jenis melon yang bisa dijadikan melom premium adalah melon chamoe, tetapi bisa juga menggunakan jenis-jenis melon yang lain seperti melon dalmation, melon anime, dan melon honey.