Manisnya Laba Budidaya Nanas Madu Tenggarong

0

Pertanianku – Nanas merupakan salah satu komoditas buah unggulan di Indonesia. Rasanya yang manis banyak disukai oleh masyarakat, terlebih nanas madu. Nanas tidak hanya nikmat dikonsumsi langsung, tapi beberapa masakan akan terasa lebih lezat jika menambahkan nanas di dalamnya.

Di antara buah nanas yang dibudidayakan saat ini yang populer dan bisa diterima oleh pasar ekspor adalah nanas madu Tenggarong. Daerah Kalimantan Timur tak hanya jadi pusat pertambangan batu bara saja. Kini, daerah ini pun menjadi penghasil buah nanas, khususnya nanas.

Sentra penjualan nanas ini terletak di kilometer 49 atau di sepanjang jalan perbatasan antara Samarinda dan Balikpapan.

Sentra nanas ini terbilang cukup terkenal, dan sebagian besar masyarakat Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Tenggarong, mengais rezeki menjual nanas di sana.

Salah satu pedagang nanas di sentra ini adalah Selma Handayani. Wanita yang akrab disapa Selma ini meneruskan usaha orangtuanya sejak 2000 silam.

Ia mengatakan, sebagian besar pedagang di Desa Bukit Merdeka menjual nanas madu sebagai oleh-oleh khas Tenggarong. Namun, tak sedikit juga yang membeli untuk dikonsumsi sehari-hari.

loading...
loading...