Markisa (Passiflora sp.)


Famili: Passifloraceae

  1. Asal-usul

Tanaman markisa berasal dari Amerika Latin, terutama Brasil, kemudian menyebar ke daerah-daerah tropis di dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia, markisa banyakditanam di dataran tinggi di Goa, Malino (Sulawesi Selatan) dan Brastagi (Sumatera Utara).

Markisa (Passiflora sp.)

  1. Sifat botani
  • Daun dan batang

Daun markisa lebar, ada yang bercanggap menjari, tetapi ada pula yang tidak. Markisa mempunyai batang kecil, langsing, dan panjang. Batangnya merambat dengan bantuan sulur berbentuk pilin (spiral).

  • Akar

Semua tanaman markisa mempunyai akar tunggang dan akar samping dangkal. Akar samping menyerupai serabut dan lunak.

  • Buah

Buah markisa berbiji banyak di Indonesia ada dua jenis markisa yang diusahakan, yakni markisa yang buahnya ungu disebut Passiflora edulis Sains (buah negeri atau siuh) dan markisa yang buahnya kuning disebut Passiflora laurifolia L. atau Passiflora flavicarpa Dng (buah susu atau konyal). Buah negeri rasanya agak asam dan hanya baik dikembangkan di lahan dataran tinggi. Buah konyal rasanya manis dan dapat ditanam di dataran rendah. Kedua jenis markisa tersebut mempunyai bentuk tanaman yang sama dan mahkota bunga berwarna ungu keputih-putihan.

Jenis markisa hutan atau rola (Passiflora lingularis) berbuah kecil, kuning, dan asam. Selain markisa yang telah disebutkan, di Indonesia masih terdapat buah balewa (markisa besar) yang disebut erbis (Passiflora quadrangularis L.) atau Granadilla buto. Tanaman erbis umumnya hanya ditanam di dataran rendah dan buahnya hanya untuk sari buah segar (dicampur dengan sirup). Tanaman markisa mampu berbuah terus-menerus.

  • Bunga

Bunganya besar dan berbentuk mangkok. Warnanya keunguan dan harum. Bunganya berkelamin dua (hermafrodit) dan beraroma khas. Semua jenis markisa (Passiflora) termasuk penyerbuk silang dengan bantuan lebah madu. Namun, penyerbukan sendiri masih dapat berlangsung baik.

  1. Kegunaan
Baca Juga:  Membuat Pupuk Organik dari Buah Maja

Buah markisa jarang dimakan segar karena rasanya asam. Buahnya dapat dibuat minuman markisa yang tahan lama. Di Ujung Pandang dan Medan terdapat pabrik markisa yang terkenal.

Pertanianku

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

 

loading...
loading...