Masih Ragu? Ini Keuntungan Bertanam Sayuran dan Buah dalam Pot

Pertanianku — Lahan sempit bukan penghalang bagi Anda yang ingin memulai bertanam sayuran dan buah. Kini, banyak metode yang dapat digunakan untuk menghemat lahan, tapi tetap menghasilkan. Mulai dari pemanfaatan pot dan polibag, hingga metode terbaru seperti hidroponik, vertikultur, ataupun akuaponik.

memulai bertanam sayuran
Foto: pixabay

Bertanam sayuran memiliki banyak keuntungan. Pertama, Anda dapat menghijaukan pekarangan rumah Anda. Rumah akan tampak asri dan nyaman untuk dihuni karena kesegaran udara yang dihasilkan oleh tanaman.

Kedua, Anda dapat memanfaatkan hasil tanaman yang Anda budidayakan. Bila tanaman tersebut adalah buah atau sayuran, Anda dapat memetik hasilnya secara rutin dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.


Loading...

Ketiga, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Bila dana yang Anda punya belum mencukupi untuk membeli perangkat hidroponik atau vertikultur, Anda dapat melakukan cara yang lebih sederhana.

Bertanam dalam pot atau polibag juga memiliki banyak keuntungan seperti berikut.

  • Dapat diusahakan dalam skala kecil atau rumah tangga sehingga modal yang Anda perlukan juga sangat minim.
  • Mudah dalam pemeliharaan karena setiap tanaman ditanam dalam wadah tersendiri.
  • Salah satu risiko bertanam adalah tanaman terserang penyakit. Penyakit dapat menyebar lewat banyak cara, salah satunya melalui akar. Dengan bertanam dalam pot, penyebaran penyakit lewat akar ini dapat dicegah.
  • Hemat pupuk karena pupuk dapat diberikan dengan lebih efisien dan tidak terbuang percuma.
  • Lebih mudah bila akan menanam beberapa jenis sayuran sekaligus.
  • Lahan yang digunakan lebih sedikit, dapat diletakkan di rak bersusun ataupun lahan sempit.
  • Mudah dipindah menyesuaikan dengan kebutuhan cahaya.
  • Beberapa tanaman sayuran dan buah-buahan memiliki nilai estetika, seperti tanaman cabai, tomat, dan terung. Tanaman dalam pot juga dapat digunakan sebagai tanaman hias bila diletakkan dengan benar.
Baca Juga:  Sederet Alasan Milenial Harus Memulai Budidaya Metode Hidroponik

Mulailah bertanam sayuran dalam pot dengan panduan 15 Sayuran Organik dalam Pot yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Selain sayuran, ada banyak jenis tanaman lain yang dapat Anda tanam, tergantung kebutuhan, selera, dan tujuan Anda.

Loading...
Loading...