Masker Alami Buah Pisang untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Pertanianku — Siapa yang tidak tahu buah pisang, buah manis nan lembut yang digemari banyak orang. Ada banyak manfaat yang bisa dihasilkan oleh buah dengan kulit berwarna kuning ini, salah satu manfaatnya adalah menjaga kecantikan kulit. Anda bisa menggunakan masker pisang untuk menjaga kesehatan kulit agar bisa tetap terlihat cantik karena kulit wajah ternutrisi dengan baik.

masker pisang
foto: Pixabay

Untuk Anda yang tertarik untuk membuat masker buah pisang, berikut ini ulasan bahan yang dibutuhkan serta cara pembuatan masker alami tersebut.

Bahan-bahan:

  • Buah pisang yang sudah dihancurkan menjadi bubur
  • Sedikit susu
  • Sedikit madu

Cara menggunakan:

  1. Campurkan semua bahan hingga tercampur merata.
  2. Balurkan secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah dan diamkan selama 30—40 menit.
  3. Basuh dengan air hangat, kemudian dengan air dingin atau es. Masker ini bisa diulangi kembali setelah 15 hari kemudian.

Saat Anda menggunakan masker buah pisang, pastikan peralatan yang digunakan sudah terjamin kebersihannya, mulai dari sendok pengaduk, mangkok, hingga tangan Anda sendiri. Pasalnya, peralatan yang kotor secara tidak sadar malah membuat proses perawatan jadi menimbulkan jerawat.

Selain peralatan, Anda juga harus memastikan wajah sudah dalam kondisi bersih. Masker diaplikasikan setelah Anda membersihkan wajah dengan facial wash atau air hangat agar tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga masker bisa lebih mudah terserap ke dalam kulit.

Gunakan handuk bersih untuk memastikan kulit wajah yang sudah diberi masker benar-benar terjaga kebersihannya. Efek pemakaian masker buah pisang baru akan terlihat setelah Anda menggunakannya secara rutin. Seharusnya, masker ini tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya karena seluruh bahan yang digunakan merupakan bahan alami. Kecuali, jika kulit Anda memiliki riwayat alergi pada salah satu bahan yang digunakan.

Baca Juga:  Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Pisang bisa digunakan sebagai masker wajah alami karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah, seperti mineral, vitamin (A, B1, dan C), karbohidrat, serat, lemak, dan protein.

Selain diolah menjadi masker, pisang juga bagus dikonsumsi dalam keadaan segar karena mengandung banyak ion kalium dan mampu menghasilkan energi yang hampir sama seperti energi yang dihasilkan oleh nasi. Selain bisa menjaga kesehatan kulit, pisang juga bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.


loading...