Masker Seledri untuk Menyuburkan Rambut Secara Alami

Pertanianku — Banyak yang menginginkan rambut yang tumbuh tampak lebat dan sehat. Meskipun sudah banyak perawatan rambut yang memakai suplemen masih ada cara alami yang sudah terbukti ampuh, yaitu masker seledri untuk menyuburkan rambut.

masker seledri
foto: pixabay

Untuk menyuburkan rambut, kulit kepala harus dalam kondisi sehat. Kulit kepala yang sehat akan membuat rambut yang tumbuh menjadi subur, berkilau, dan lebat. Cara alami untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut dapat dilakukan dengan memberikan asupan-asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Kulit kepala membutuhkan protein karena komposisi utama dari rambut adalah protein. Rambut yang kekurangan protein akan mudah rontok. Selain itu, kulit kepala juga membutuhkan vitamin B dan D, zinc, omega-3, dan minyak esensial.

Loading...

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk dijadikan bahan masakan. Seledri mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin B kompleks, kandungan tanin, kandungan flavanoid, dan minyak atsiri.

Selain itu, daun selederi mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Protein nabati mampu merangsang pertumbuhan rambut agar tumbuh lebih subur. Penggunaan daun seledri sebagai masker pun sangat mudah untuk Anda buat sendiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan hanya daun selederi sebanyak 10—15 gram. Cara pembuatannya cukup dengan melumatkan daun seledri, lalu diperas untuk mengambil sari daun selderi. Setelah itu, air perasan daun seledri dapat Anda gunakan pada kulit kepala untuk menyuburkan rambut.

Selain daun, batang seledri juga memiliki manfaat yang sama dengan daunnya, yaitu untuk menyuburkan rambut. Masker dari batang seledri dapat Anda buat dengan memotong kecil-kecil tangkai daun seledri sebanyak 5 tangkai, lalu cuci hingga bersih. Campurkan potongan tadi dengan air matang sebanyak 2 sendok makan, lalu remas bahan dengan air hingga lumat.

Baca Juga:  Penyakit Pohon Tomat yang Kerap Ditemui

Masker ini dapat digunakan dengan cara dioleskan pada rambut serat kulit kepala dan didiamkan selama 30 menit. Setelah itu, rambut dicuci hingga bersih. Agar optimal, Anda dapat melakukan pemakaian masker ini rutin setiap pagi selama beberapa minggu.

Loading...
Loading...