Maskot Ikan Hias Nasional Baru Milik KKP

Pertanianku — Kementerian Kelautan dan Perikanan belum lama ini menetapkan maskot ikan hias nasional melalui Keputusan Menteri Keluatan dan Perikanan No. 2 Tahun 2021. Ada dua jenis ikan hias yang terpilih sebagai maskot ikan hias nasional, ikan tersebut adalah ikan arwana super red dan ikan banggai cardinal.

maskot ikan hias nasional
foto: pixabay

Ikan arwana super red atau Scleropages formosus terpilih sebagai maskot ikan hias air tawar. Sementara itu, ikan banggai cardinal fish atau Pterapogon kauderni menjadi maskot ikan hias air laut.

Ikan arwana super red terpilih sebagai maskot karena memiliki sisik yang cukup besar dan keras, sisik tersebut tersusun dengan bagus menyerupai gneting rumah. Bentuk badan ikan memanjang ppih ke samping, ukurannya bisa mencapai 50 cm. Arwana super red memiliki dua sungut pendek dan lunak yang berada di bagian bibir bawah.

Bentuk punggung datar dan cenderung lurus dari mulut hingga sirip punggung. Sirip bagian dorsal dan anal jauh ke belakang mendekati sirip ekor. Sirip pada bagian punggung, ekor, dan anal tampak berwarna kemerahan.

Arwana super red jantan bertugas menjaga anak-anaknya di dalam mulut hingga mereka bisa berenang mencari makan sendiri.

Arwana bisa dibudidayakan di dalam kolam dengan kondisi air netral dan bersuhu 27°C.  Ikan arwana pada dasarnya bersifat karnivora dan memakan beberapa ikan kecil, serangga, dan anak katak (percil).

Ikan banggai cardinal fish memiliki tubuh berwarna keperakan dan berbentuk pipih, bagian ekornya terbelah menjadi dua. Di sekujur tubuhnya terdapat bintik-bintik putih. Bagian sirip punggung relatif panjang dan sirip ekornya membentuk cabang cukup dalam.

Panjang tubuh banggai cardinal fish dari ujung mulut hingga panjang cagak berkisar 1,2 cm hingga 7,9 cm. Bagian sirip punggungnya terbilang cukup panjang dan sirip ekornya membentuk cabang yang begitu dalam.

Baca Juga:  Kiat Panen Bawal dalam 40 Hari

Banggai cardinal fish hidup berkelompok yang terdiri atas 4 sampai 30 ekor. Ikan ini bisa dijumpai pada hamparan padang lamun Enhalus acoroides di dalam teluk yang tenang. Ikan hias nan cantik ini cukup mudah dijumpai pada kedalaman sekitar 0,5 meter sampai 2,5 m.