Masuki Bulan Ramadan, Harga Daging Sapi Terus Merangkak Naik

Pertanianku — Memasuki bulan suci Ramadan, harga daging sapi segar di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, diperkirakan naik. Harganya bisa mencapai Rp160 ribu per kilogram.

harga daging sapi
Foto: Pixabay

“Menyambut masuknya bulan suci Ramadan, masyarakat biasanya melakukan tradisi Meugang (tradisi mengonsumsi daging sebelum memasuki bulan Ramadan dan hari raya) sehingga permintaan daging sapi juga tinggi,” kata M. Yusuf, salah seorang pedagang daging di Pasar Inpres Lhokseumawe, seperti dikutip dari Republika, Kamis (2/5).

Sementara itu, harga daging sapi saat normal seperti sekarang di pasar daging Lhokseumawe senilai Rp135 ribu/kilogram. Harga tersebut, akan berbeda jauh apabila sudah memasuki Ramadan atau hari raya.

Loading...

Untuk kebutuhan daging pada hari Meugang, jenis sapi yang disembelih umumnya adalah sapi jantan lokal atau disebut sapi aceh. Adapun sapi jenis impor kurang diminati pada hari itu meskipun harganya agak lebih murah.

Sementara itu, pedagang daging lainnya, Jamaluddin menambahkan bahwa pada hari Meugang, jumlah sapi yang disembelih untuk dijual dagingnya juga lebih banyak dari hari-hari biasa.

Selain itu, daging sapi dijual tidak hanya di dalam pasar khusus, tetapi di ruas-ruas jalan pasar secara massal. Sapi lokal yang akan dikonsumsi pada hari Meugang, umumnya pula berasal dari daerah Lhokseumawe dan sekitarnya.

Tradisi mengonsumsi daging sapi pilihan di Aceh menjelang memasuki Ramadan dan juga hari raya, dilaksanakan secara turun-temurun. Semua lapisan masyarakat Aceh, pada hari dimaksud umumnya mengonsumsi daging, termasuk daging kambing, bebek, dan juga ayam.

Baca Juga:  Manfaat Gula Jawa untuk Ayam Kampung
Loading...
Loading...