Masuki Ramadan, Permintaan Daging Sapi Impor Meningkat Drastis


Pertanianku — Konsumsi daging sapi di kalangan masyarakat semakin meningkat, khususnya saat mulai memasuki Ramadan. Permintaan daging sapi impor meningkat dari yang semula hanya 300 kilogram (kg) per hari menjadi 1 ton per hari.

Permintaan daging sapi impor
Foto: Google Image

“Menjelang Ramadan, permintaan daging kami meningkat. Kalau normalnya per hari itu bisa laku terjual sebanyak 300 kilogram kini jadi 1 ton,” ujar Adi, salah seorang penjaga kios PT Indoguna Utama, Jakarta Timur, seperti dikutip dari Kumparan, Rabu (16/5).

Indoguna bekerja sama dengan Toko Tani Indonesia (TTI) untuk menyediakan kebutuhan daging sapi beku impor dengan harga terjangkau.

Satu kilogram daging sapi beku yang diimpor dari berbagai negara, seperti Selandia Baru dan Australia, dijual dengan harga Rp75.000 per kilogram. Direktur PT Indoguna Juard Effendi mengatakan, daging sapi dan kerbau yang diimpor sebanyak 3 ribu ton per bulan.

Antusias masyarakat yang berbelanja membuat Juard Effendi berkomitmen untuk tetap menggelar program pangan murah hingga lebaran usai. “Sejauh ini ramai. Kita ada dua jenis daging, kerbau dan sapi. Yang kerbau kita jual Rp65 ribu per kilogram, sedangkan sapi Rp75 ribu per kilogram,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan di hari pertama Ramadan ini harga daging sapi masih stabil, yakni Rp120.000 per kilogram. Sementara, daging kerbau beku impor asal India dijual dengan harga Rp80.000 per kilogram

Salah satu pedagang daging sapi di Pasar Minggu, Edi Wibowo, menjual daging sapi Rp120 ribu per kilogram, sedangkan daging kerbau impor Rp80 ribu per kilogram.

Menurutnya, harga daging sapi masih stabil, untuk daging sapi, Edi mendapat untung Rp5.000 per kilogram yang ia jual. Sementara, untuk daging impor Edi tidak menjelaskan, hanya saja Bulog memberi harga Rp60.000 per kilogram untuk daging kerbau impor.

Baca Juga:  5 Cara Ampuh agar Bebek Bertelur Setiap Hari

Untuk harga karkas, lanjut Edi, saat ini berkisar antara Rp85 ribu sampai Rp87 ribu per kilogram. Karkas sapi adalah bagian dari tubuh hasil pemotongan setelah dikurangi darah, kepala, keempat kaki pada bagian bawahnya.