Mata Ikan Zebra Bisa Sembuhkan Kebutaan pada Manusia, Benarkah?

Pertanianku – Ikan zebra adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara di akuarium. Banyak masyarakat yang tertarik memeliharanya karena ikan ini mudah dikembangbiakan. Namun, tahukah Anda ada yang istimewa pada ikan hias yang memiliki tubuh kecil ini ternyata bermanfaat?

Ikan ini memang tidak bisa dikonsumsi. Namun, seorang ilmuwan menemukan, mata ikan zebra bisa menjadi terobosan medis untuk menyembuhkan kebutaan pada manusia.

Kimia di otak ikan zebra membantu mengungkapkan bagaimana regenerasi retina. Temuan ini berpotensi membantu dalam menyembuhkan kebutaan pada manusia.

Temuan menunjukkan, kadar GABA (gamma aminobutyric acid), sebuah neurotransmitter, terkenal karena perannya menenangkan aktivitas saraf. Menghalangi kimia (GABA) bisa mengarah pada pengobatan baru untuk degerasi makula terkait usia, penyebab paling banyak dari kebutaan dan retinitis pigmentosa.

Struktur retina (jaringan penginderaan cahaya di belakang mata) ikan dan mamalia pada dasarnya sama. Para peneliti mengatakan, pengurangan GABA kemungkinan bisa menjadi pemicu regenerasi retina.

“Teori kami adalah bahwa penurunan konsentrasi GABA adalah pemicu regenerasi,” ungkap James Patton, Profesor di Universitas Vanderbilt, Tennessee, Amerika Serikat, seperti dikutip Zeenews.

Dalam studi ini, ketika para ilmuwan menyuntikkan obat GABA di retina ikan baru dibutakan pada tingkat tinggi. Mereka menemukan terjadi proses regenerasi.

Setelah menyuntikkan enzim yang menurunkan kadar GABA pada ikan normal, mereka menemukan bahwa sel retina mulai berbuah dan berkembang biak, tahap pertama dalam proses regenerasi.

Sel retina yang memainkan kunci dalam regenerasi adalah tipe khusus dari sel induk dewasa. Ketika regenerasi dipicu di ikan zebra, sel retina mulai berkembang biak dan kemudian menjadi pengganti sel-sel saraf yang rusak.

loading...
loading...