Matangkan Mangga dengan Alami dan Sederhana

Pertanianku — Proses pematangan mangga seringkali belum sempurna ketika buah ini dipetik dari pohon. Beberapa orang menginginkan buah yang masih mentah untuk diolah menjadi rujak atau asinan. Jika buah yang dimiliki masih muda dan Anda menghendaki buah ini segera matang, Anda bisa mematangkan mangga dengan cara-cara berikut.

pematangan mangga
Foto: pixabay

Bungkus dengan koran

Pernahkah Anda melihat pedagang yang membungkus mangga dengan koran untuk mempercepat pematangan buah? Cara ini juga bisa Anda terapkan di rumah untuk buah mangga yang Anda miliki.

Loading...

Bungkus koran pada mangga akan menahan gas etilen yang dihasilkan oleh mangga sehingga kembali digunakan oleh mangga. Gas etilen sendiri bisa membantu pematangan buah, termasuk buah mangga. Gas ini dihasilkan oleh buah-buahan.

Tips mematangkan buah mangga dengan dibungkus koran adalah dengan menyisakan sedikit ruang udara. Mangga bisa ‘bernapas’ dengan adanya lubang ini. Jadi, mangga tidak lembap dan mudah ditumbuhi jamur.

Simpan dengan buah yang sudah matang

Selain disimpan dalam koran, Anda bisa menyimpan buah ini bersamaan dengan buah-buahan lain yang sudah matang. Gas etilen yang dihasilkan buah-buahan pun akan memengaruhi mangga sehingga lebih cepat masak.

Buah yang digunakan bisa sama-sama buah mangga. Namun, buah jenis lain juga bisa digunakan. Sebut saja avokad, pisang, ataupun apel bisa digunakan untuk mempercepat pematangan buah mangga.

Daun ketela pohon

Proses pematangan buah dengan dibungkus akan memakan waktu kurang lebih selama 3 hari. Buah mangga yang masih mentah pun akhirnya matang dan siap disantap ketika sudah manis dan lembut.

Pematangan buah mangga tersebut sudah tergolong cepat. Namun, bila Anda menghendaki pematangan yang lebih cepat lagi, Anda bisa menggunakan daun ketela pohon sebagai bahan yang membantu pematangan mangga tersebut. Waktu yang dibutuhkan pun relatif lebih singkat, yakni hanya satu hingga dua hari.

Baca Juga:  Perawatan Apel Saat Pohon Baru Berbuah

Caranya, masukkan mangga mentah ke wadah terututup. Masukkan pula beberapa lembar daun ketela pohon. Tutup rapat wadah dan simpan dalam suhu ruangan. Setelah setengah hari, periksa kondisi mangga. Periksa secara kontinyu setiap 12 jam dan mangga bisa dikonsumsi setelah mencapai kematangan yang diinginkan.

Loading...
Loading...