Mau Mencegah Diabetes? Perbanyak Konsumsi Brokoli Saja!

0

Pertanianku – Menjaga kesehatan tentunya akan berhubungan dengan pola hidup seseorang. Seseorang yang mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dapat membantu menjaga kesehatan tubuhnya. Pasalnya, seperti yang kita ketahui sayuran hijau memiliki manfaat dan kandungan gizi yang luar biasa.

Salah satu sayuran hijau yang memiliki manfaat ajaib adalah brokoli. Banyak pakar kesehatan mengatakan jika seseorang mengonsumsi brokoli secara rutin dapat mencegah penyakit diabetes. Sungguh menakjubkan bukan?

Hal ini terjadi bukan tanpa alas an. Pasalnya, brokoli mengandung satu logam penting yang disebut kromium. Ini bertanggung jawab untuk membantu dalam proses metabolisme gula darah dalam tubuh dengan baik.

Selain itu, brokoli kaya akan vitamin C, mineral, kandungan serat, anti-oksidan, dan sulfur. Semuanya merupakan kandungan yang sangat baik dalam memerangi masalah gula darah.

Ketika tubuh tidak mampu menyerap molekul glukosa dari makanan yang kita makan, pasti terjadi lonjakan kadar gula darah. Inilah pemicu awal diabetes.

Sementara itu, diabetes juga dapat memicu komplikasi yang sangat fatal dampaknya antara lain kebutaan, gagal ginjal, gangguan pankreas, dan lainnya.

Untuk itulah, banyak pakar kesehatan menganjurkan mengonsumsi brokoli secara rutin dalam diet Anda. Berikut cara mengolah brokoli untuk mencegah penyakit diabetes seperti melansir Boldsky.

  • Ambil sekitar dua batang segar brokoli berwarna gelap.
  • Potong kuntum dan batangnya, karena lebih bernutrisi dan kaya serat.
  • Brokoli dapat dimakan mentah atau dikukus. Bukanlah direbus atau malah digoreng.
  • Potong brokoli menjadi potongan-potongan kecil, tambahkan sedikit selada, kecambah, beberapa tetes minyak zaitun untuk membuatnya sebagai salad. Anda juga bisa menambahkan sedikit walnut yang semakin menambah manfaat untuk menangkal diabetes.

Sangat mudah bukan mengolahnya. Pastikan, setelah ini masukkan brokoli ke dalam menu harian Anda ya. Jika kita memiliki tubuh yang sehat, hidup kita akan jauh lebih bahagia bukan?

loading...
loading...