Mau Punya Penampilan Memukau? Konsumsi Buah dan Sayur Solusinya


Pertanianku – Baru-baru ini terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayur secara rutin menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang terlihat lebih cantik dan kulit yang sehat serta lembap.

Foto: engeplus

Penelitian tersebut dilakukan oleh University of Newcastle (UON) di Australia juga telah mematahkan mitos yang mengatakan bahwa seseorang yang berusia muda dengan kulit wajah yang kecokelatan adalah kondisi kulit yang sehat dan atraktif.

Sebagai bagian dari penelitian ini, para peserta diminta untuk memanipulasi warna kulit dari 50 wajah yang berbeda di komputer agar membuatnya tampak “senyaman mungkin.” Tiga percobaan terpisah dilakukan pada setiap wajah tanpa peserta mengetahui variabel yang menjadi penilaian.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa peserta di seluruh panel lebih menyukai warna kulit yang memiliki kaitan dengan konsumsi buah dan sayuran lebih tinggi dibandingkan warna kulit yang terkait dengan paparan sinar matahari.

“Peserta menghubungkan penampilan kesehatan dengan pewarnaan karotenoid, menghilangkan pewarnaan melanin saat keduanya diaplikasikan pada gambar secara bersamaan,” kata Kristine Pezdirc, penulis utama studi yang dipublikasikan di Australian Journal of Psychology.

“Pesan yang dibawa pulang dan intinya adalah, untuk kesehatan yang sehat, konsumsi buah dan sayuran sebelum beraktivitas,” paparnya Pezdirc.

Warna kulit manusia dipengaruhi oleh tiga pigmen, yakni hemoglobin, karotenoid, dan melanin.

Ada beberapa kekhawatiran jika orang muda Australia menganggap kulit berwarna gelap hasil tanning adalah sesuatu yang sehat. “Kelompok ini secara khusus memiliki peningkatan risiko terkena kanker kulit karena mereka cenderung tidak menggunakan perlindungan matahari,” kata Pezdirc.

Penelitian lebih lanjut di antara populasi yang lebih luas dapat membantu memengaruhi orang dewasa muda Australia untuk mengubah perilaku mereka yang berkaitan dengan paparan sinar matahari.

Baca Juga:  Konsumsi Buncis Bantu Memperlambat Proses Penuaan

“Orang Australia muda memiliki salah satu asupan buah dan sayuran terendah dibandingkan dengan tahap kehidupan orang dewasa lainnya. Hasil berbasis penampilan ini juga dapat digunakan untuk mendorong peningkatan konsumsi buah dan sayuran,” lanjutnya.

Profesor Clare Collins dari UON mengatakan bahwa orang muda Australia perlu membidik lima porsi sayuran dan dua porsi buah sehari sesuai dengan rekomendasi.

loading...
loading...