Mau Tetap Fit Selama Bulan Puasa? Yuk, Konsumsi Melon Saat Berbuka!


Pertanianku – Ketika Anda menjalankan ibadah puasa, memang dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis untuk mengembalikan energi yang hilang selama puasa. Mengonsumsi buah segar bisa menjadi pilihan di kala buka puasa nanti. Salah satu buah yang direkomendasikan adalah melon. Selain akan membuat tubuh kembali segar setelah berpuasa, ternyata melon juga punya manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Seperti melansir dari Style Craze, melon ternyata baik untuk mereka yang menderita insomnia atau susah tidur. Di bulan puasa ini, banyak hal yang berubah. Yang paling terasa, pastinya pola makan yang hanya dilakukan sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam. Namun, ada hal lain yang tak kalah penting, yakni jam tidur.

Ketika berpuasa, sahur pada dini hari mengharuskan Anda bangun tidur. Tak jarang, tidak kembali tidur lagi setelah menunaikan salat Subuh. Alhasil, jam tidur hanya didapatkan saat malam hari hingga waktu sahur. Untuk menambah jam tidur, Anda bisa mengonsumsi buah melon sebelum tidur atau sebelum sahur berakhir.

Di dalam kandungan melon sendiri terdapat senyawa uniquecompound yang mengurangi saraf dan menenangkan kecemasan. Dengan demikian, melon mampu membantu penderita insomnia untuk menyingkirkan gangguan tidur mereka dengan menenangkan sistem saraf.

Tak hanya itu, ternyata melon juga baik untuk penderita diabetes. Ekstrak melon yang dikenal dengan oxykine bisa mencegah diabetes. Selain itu, melon juga memiliki indeks glisemik rendah yang berarti fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam melon adalah gula sederhana. Dengan begitu, penderita diabetes sangat disarankan mengonsumsi buah ini secara rutin.

Selalu menjaga kesehatan selama berpuasa, ya!

Baca Juga:  Racun Ikan Ini Jadi Obat Kanker
loading...
loading...