Mau Untung Beternak Ayam Broiler? Pahami Faktor-Faktor ini!


PERTANIANKU —  Setiap usaha kadangkala bisa untung dan kadangkala bisa rugi, begitu juga usaha beternak ayam broiler. Berikut akan dipaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi untung rugi ketika beternak ayam broiler.


Jenis-Pakan-untuk-ayam-Broiler

Pertama, perhatikan prestasi produksi.

Semakin tinggi nilai indeks prestasi produksi, semakin baik cara budidaya yang telah dilakukan oleh peternak. Dengan demikian, keuntungan yang didapatkan pun relatif lebih banyak.

Kedua, pertimbangkan harga beli sarana produksi peternakan

Harga beli sarana produksi berbanding lurus dengan pengeluaran uang atau biaya produksi beternak. Biaya terbesar usaha ayam broiler ada di harga pakan dan DOC sehingga fluktuasi harga sangat berpengaruh pada biaya produksi.

Ketiga, amati harga jual ayam dari peternak lain

Harga jual ayam yang tinggi akan memberikan penerimaan yang tinggi pada peternak. Harga jual ayam yang dihitung adalah harga ayam yang sesungguhnya. Harga ayam di Indonesia kadang-kadang seperti terlihat tinggi, tetapi harga tersebut diikuti potongan harga yang dikenal dengan istilah CN. Potongan harga ini hanyalah cara untuk menarik pedagang ayam untuk membeli di suatu perusahaan tertentu. Seorang peternak wajib mengetahui hal tersebut. Apabila peternak membuka harga pasar tanpa mengetahui berapa potongan yang diberikan oleh peternakan lain, hasil panennya bisa jadi tidak dibeli oleh pedagang lainnya.

Keempat, perhatikan setiap potensi kebocoran/pencurian

Pencurian sarana produksi (pakan dan DOC) dan ayam broiler siap panen, sangat berpengaruh pada perhitungan laba rugi peternak. Pencurian bisa dilakukan oleh orang dalam ataupun orang luar. Untuk menanggulanginya, perlu diperhatikan penyebab dan indikasinya.

Misalnya, jika FCR tinggi, ayam terlihat sehat, dan mortalitas rendah, kemungkinan pakan yang dicuri. Pakan bisa dicuri dengan mengeluarkan pakan dari kandang, bisa juga dengan menitipkan DOC untuk numpang makan, pemanas, vaksin, dan obat-obatan. Solusinya, ayam segera dikeluarkan dari kandang begitu peternak mengeluarkan jadwal penangkapan ayam.

Baca Juga:  Jenis Sistem Usaha Ayam Broiler

Indikasi lainnya adalah jika FCR tinggi, ayam terlihat sehat, tetapi kematian tinggi diakhir minggu pemeliharaan, peternak wajib curiga ayamnya dicuri. Adapun jika FCR rendah, ayam sehat, tetapi ayam yang ditangkap untuk dijual kurang atau mortalitas tinggi, kemungkinan DOC dicuri.

Salah satu pencegahannya adalah dengan recording atau pencatatan data di kandang. Hal tersebut sangat penting untuk mengetahui apakah telah terjadi kebocoran karena pencurian, ataukah budidaya/manajemen pemeliharaan yang memang belum baik.

Setelah memperhatikan faktor-faktor di atas, diharapkan keuntungan beternak ayam broiler bisa lebih maksimal. Kerugian yang mungkin akan terjadi pun bisa diminimalisasi. Selamat berbisnis dan beternak ayam broiler! (AF)

loading...
loading...