Media Tanam Hidroponik pada Tanaman Tomat


Pertanianku – Media tanam yang bisa dipakai untuk hidroponik tomat banyak macamnya, asal bahannya porous. Pemilihan media tergantung kemudahan kita memperolehnya, baik ditinjau dari segi ekonomi ataupun ketersediaan bahan di sekitar daerah kebun hidroponik. Bahan media yang dapat dipilih antara lain sekam padi, pasir kali, kerikil, dan zeolit.

Apabila media yang digunakan sekam padi maka sebelum dipakai sekam harus dalam kondisi steril. Caranya adalah dengan membakar kulit padi kering di atas tungku pembakaran. Kemudian, menyiramnya dengan air bersih sebelum bara sekam menjadi abu. Hasil yang diperoleh berupa arang sekam yang porous dan steril. Media ini hanya dapat dipakai untuk satu musim tanam. Setelah panen selesai, media dibuang atau dijadikan kompos.

Media Tanam Hidroponik Tomat

 

 

Jika menggunakan pasir kali atau kerikil, bahan itu harus dalam kedaan steril dengan cara mencuci bahan tersebut dengan air. Tujuannya adalah menghilangkan kotoran, misalnya serpihan kayu, pecahan kaca, dan daun kering. Pencuciannya dilakukan dengan merendam bahan dalam bak dan diaduk dengan sekop.

Bila endapan lumpur telah habis dan air rendaman sudah tampak jernih maka pencucian dihentikan. Pasir yang sudah bersih ini telah siap digunakan. Media tanam zeolit memang barang baru di Indonesia. Namun, di Jepang penggunaan media ini telah lama dikembangkan. Keunggulan tanaman buah yang ditanam pada mineral bekas letusan gunung berapi ini adalah berbuah lebih awal serta dapat meningkatkan hasil tanaman sayur 30—60% lebih banyak bila dibandingkan dengan memakai bahan media lain. Selain itu, media ini dapat dipakai berulang kali.

Zeolit tergolong mineral aluminosilikat terhidrat yang mengandung kation alkali tanah terutama Na, K, dan Ca. Rongga kerangka aluminosilikat itu berisi air dan kation. Jika zeolit dipanaskan pada suhu 300°C selama beberapa jam, akan mengakibatkan molekul air keluar dari rongga dan zeolit dapat berfungsi sebagai penyerap kation yang efektif.

Baca Juga:  Rahasia Tentang Kemangi yang Wajib Anda Tahu

 

Sumber: Buku Budidaya Tomat Secara Komersial