Media Tanam yang Tepat untuk Menanam Sayur di Pot

Pertanianku Media tanam yang digunakan untuk menanam sayur di pot harus tepat karena menunjang keberhasilan proses bertanam. Media tanam yang digunakan harus bisa menjaga kelembapan daerah sekitar akar, menyediakan cukup udara, dan menyimpan unsur hara.

media tanam
foto: Pertanianku

Pada umumnya media tanam yang digunakan untuk menanam sayur terdiri atas tanah, sekam padi, kompos, pupuk kandang, atau pasir. Tiap media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Bagian tanah yang bagus untuk dijadikan media tanam ialah top soil atau tanah bagian atas karena bagian tersebut terbilang gembur dan subur. Bagian top soil juga memiliki lebih banyak pori-pori yang lebih kecil.

Sekam merupakan kulit pada biji padi yang terlepas ketika proses penggilingan. Sebagai media tanam, sekam berfungsi memperbaiki struktur tanah sehingga sistem aerasi dan drainase di dalam media berjalan baik.

Ada sekam yang dibakar dan ada yang tidak dibakar. Sekam yang dibakar mengandung karbon yang cukup tinggi sehingga sekam ini bisa membuat media lebih gembur. Sayangnya, sekam bakar lebih mudah lapuk. Sementara itu, sekam yang mentah atau tidak dibakar, mudah ditumbuhi cendawan dan miskin unsur hara.

Kompos terbuat dari jerami, sekam, daun, rumput, dan sampah kota yang sudah terfermentasi. Kompos berguna menambah tingkat kesuburan tanah melalui perbaikan sifat tanah, baik secara fisik, kimiawi, maupun daya ikat. Kompos yang bagus tidak berbau, tampak berat, bisa digenggam tangan, dan tidak mengikat air.

Pupuk kandang berasal dari kotoran hewan, di dalamnya terkandung unsur hara yang cukup penting untuk tanaman. Fungsinya hampir sama dengan kompos, yang membedakan hanya bahan baku pembuatannya.

Bahan media tanam terakhir yang biasa digunakan ialah pasir. Pasir yang dapat digunakan adalah pasir malang dan pasir bangunan. Pasir cocok digunakan sebagai campuran media semai bibit karena bobotnya tidak terlalu berat sehingga dapat memudahkan batang bibit tumbuh tegak. Namun, pasir tidak kuat mengikat air sehingga tanaman cenderung lebih mudah mengalami kekeringan.

Baca Juga:  Bahaya Benalu Bagi Tanaman Mangga

Untuk mendapatkan komposisi media yang tepat, Anda bisa menggabungkan beberapa bahan dengan tingkat perbandingan tertentu. Pada umumnya campuran media tanam yang bagus untuk tanaman sayur di pot ialah tanah, pupuk kandang/kompos, dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1:1 atau komposisinya disamakan menjadi 1:1:1.