Melatih Cupang Hias Menjadi Juara

Pertanianku — Berbekal bakalan berkualitas saja tidak cukup membuat ikan cupang hias menjadi juara. Anda perlu merawat dan melatihnya dengan benar untuk dipersiapkan beraksi di arena kontes keindahan. Ada dua tahapan pelatihan yang perlu Anda berikan pada ikan cupang hias. Berikut ini teknik melatih cupang hias menjadi juara.

cupang hias
foto: Pixabay

Latihan mental

Cupang yang sudah terpilih diatur dan dikelompokkan sesuai kategori, jenis, dan warna. Ikan cupang yang tidak dipisahkan dapat merasa minder dan mentalnya turun. Dalam dunia cupang, ikan yang tengah merasa minder akan mengalami bacul.

Akuarium yang sudah berisi cupang hias disusun rapi di atas rak. Di antara akuarium diberikan sekat agar ikan tidak saling melihat satu sama lain. Berikut ini tahapan latihan mental untuk cupang hias.

  • Buka sekat pada pagi hari sekitar pukul 07:00—08:00 dan siang hari pukul 12:00—13:00. Sekat dibuka selama 10—15 menit dan cupang dibiarkan saling berhadapan satu sama lain. Selanjutnya, sekat ditutup kembali dan ikan diberikan pakan secukupnya.
  • Masukkan cupang betina muda yang belum siap kawin pada sore hari sekitar pukul 16:00—17:00. Biarkan keduanya berkejaran selama 30 menit. Namun, pastikan betina yang digunakan tidak berani pada jantan karena betina tersebut bisa merusak sirip cupang jantan. Setelah itu, ambil cupang betina dan berikan pakan pada cupang jantan hingga kenyang.
  • Sekat dibuka sekali lagi antara pukul 19:00—21:00 maksimal selama lima menit. Pembukaan sekat pada malam hari tidak perlu dilakukan setiap hari. Pembukaan hanya dilakukan ketika cupang tak bergairah. Pembukaan sekat tidak boleh terlalu lama karena bisa membuat cupang kelelahan.

Latihan mental perlu dilakukan setiap hari agar mental cupang prima saat kontes. Posisi cupang sebaiknya digilir dengan cupang yang berbeda warna, tetapi masih dalam satu kategori.

Baca Juga:  Bantuan Benih untuk Kampung Budidaya Ikan Lokal

Latihan fisik

Latihan fisik bertujuan meningkatkan kemampuan cupang mengembangkan sirip-siripnya selama mungkin atau minimal satu jam. Latihan ini perlu dilakukan setiap hari dan secara bertahap. Setiap penambahan tahapan, waktu juga ditambah selama 1—3 menit.

Latihan fisik dan mental dikatakan berhasil apabila ikan cupang hias mampu memamerkan keindahan warna dan siripnya selama sejam.