Melengkapi Sarana Kandang Sapi Limousin


Pertanianku – Sarana pada peternakan sapi potong dengan sistem perkandangan di luarkandang utama (stall) juga diperlukan. Sarana tersebut sebagai berikut.

Kebutuhan Lokasi Beternak Sapi Limousin

  1. Lapangan gembalaan

Lapangan gembala biasanya digunakan untuk peternakan yangdigembalakan atau setengah diliarkan. Fungsinya sebagai tempat untuk  merumput dan untuk gerak bagi ternak. Luas padang gembala tergantung kondisi dan kebutuhan peternakan. Untuk peternakan semiintensif, lapangan gembala digunakan sebagai penunjang pemenuhan pakan hijauan. Adapun untuk pemeliharaan sistem intensif, lapangan gembalaan cukup untuk gerak dan jalan bagi ternak.

  1. Tempat penyimpanan pakan

Tempat penyimpan pakan merupakan bangunan yang digunakanuntuk menyimpan bahan pakan. Saat musim bahan pakan berlimpah  biasanya peternak akan mengumpulkan pakan yang tahan lama untuk dimanfaatkan pada masa sulit. Kebutuhan tempat penyimpanan bahan pakan tergantung kebutuhan yang akan diberikan pada ternak dan lama penyimpanan.

  1. Tempat meramu pakan

Untuk meramu pakan serta membuat silase atau peragian, membutuhkantempat tersendiri karena membutuhkan proses dan tahapan. Tempat ini  sebaiknya dibuat sesuai kebutuhan dengan banyak sedikitnya jumlah pakan yang akan diramu dan disimpan selama proses silase atau peragian.Sebaiknya tempat ini dijaga kebersihannya karena cukup riskan terhadap kontaminasi mikroorganisme.

  1. Tempat dipping dan spraying

Peternakan besar dalam melakukan pencegahan dan penangulangan penyakit dengan dipping (pencelupan) atau spraying (penyemprotan) dengan menggunakan obat. Tempat ini dibuat seperlunya dan mudah dalam pengoperasionalnya.

  1. Tempat timbangan

Sebagai upaya mengetahui laju berat tubuh ternak, perlu dilakukan pengukuran berat secara berkala. Pengukuran berat dengan menggunakan timbangan dan tempat secara khusus yang telah didesain agar ternak dapat ditimbang dengan nyaman dan mudah.

  1. Bak tandon air

Keberadaan air merupakan kebutuhan utama ternak. Usaha ternak yangdikandangkan membutuhkan sumber air yang ditampung sehingga memerlukan bak penampungan air. Tampungan air dapat berbentuk bakbak  tanam atau menara air. Sebaiknya letak tandon air mudah dijangkau untuk dimanfaatkan.

  1. Gudang
Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!

Gudang diperlukan untuk menyimpan alat atau sarana yang digunakan untuk operasional produksi ternak, baik peralatan yang berukuran kecil hingga relatif besar. Tujuannya agar peralatan atau sarana tidak tercecer dan hilang.

  1. Tempat pemuatan

Khususnya untuk peternakanberskala besar, menaikkan ternak sapi dari dan ke sarana pengangkut  (truk) dibutuhkan tempat pemuatan. Tempat pemuatandapat dibuat permanen atau portabel karena bisa jadi tempat penurunan dan pengangkutan akan berbeda.

  1. Tempat penampungan kotoran

Ternak yang dikandangkan membutuhkan tempat penampungan kotoran karena hewan ternak akan membuang kotoran di area perkandangan tersebut. Kotoran ternak yangberupa sisa pakan, kotoran akhir, dan air kencing harus ditampung sebelum diperlakukan lebih lanjut. Tempat penampungan sebaiknya di tepi atau di ujung area peternakan.

  1. Kantor

Usaha ternak skala menengah hingga besar biasanya membutuhkanpengelolaan. Untuk mengatur dan mengawasi kegiatan peternakan  dengan beberapa tenaga kerja, tentu membutuhkan tempat sebagai kantor. Kantor berfungsi untuk mengatur dan memantau kegiatan peternakan serta tempat berhubungan dengan pihak luar, seperti penerimaan dan pengiriman barang/ternak atau jika ada tamu.

  1. Listrik

Listrik dibutuhkan untuk penerangan, pompa air, atau menggerakkanmesin/peralatan mekanis/elektrik lainnya di lahan kandang. Listrik dapat  diperoleh dari PLN atau sumber pembangkit lainnya seperti generator.

  1. Pagar

Usaha eternakan yang besar dibutuhkan pagar keliling areal. Pagar dibuat untuk menjaga lolosnya ternak, menghindari pencurian, dan serangan binatang buas lainnya. Pagar juga digunakan untuk membatasi kepelikan peternakan dengan lahan orang lain. Pagar dapat dibuat dari tembok atau kawat berduri.

 

Sumber: Buku Beternak Sapi Limousin

 

loading...
loading...