Melihat Proses Perkawinan Landak Mini

Pertanianku – Sebelum memulai perkawinan, peternak diwajibkan untuk menyediakan kandang. Biasanya breeder sudah menyediakan tempat khusus sebagai kandang pejantan. Untuk mengawinkannya, peternak harus membawa induk betina ke kandang pejantan untuk membuktikan bahwa di tempat tersebut sang jantan yang menjadi penguasa.

Proses Perkawinan Landak Mini

Untuk keberhasilan perkawinan, sebaiknya barang-barang yang tidak perlu disingkirkan agar jantan tidak merasa terhalang ketika mendekati betina. Barang-barang tersebut antara lain tempat makan, tempat minum, hiding box, dan alat bermainnya.Setelah itu, induk jantan dapat diletakkan ke dalam kandang induk betina dan dibiarkan selama dua  hari. Sesaat setelah induk betina diletakkan, induk jantan akan mendecit dan menjerit (squeak and squeal) dengan mengeluarkan suara-suara dan mengembangkan durinya seolah menari saat mendekati induk betina. Saat induk betina  didekati oleh pejantan pertama kali, induk betina akan menolak dengan mengembangkan duri-durinya sebagai tanda waspada akan adanya ancaman.

Loading...

Induk jantan akan tetap mendesis dan menghantamkan kepalanya ke tubuh betina. Hal itu terlihat seperti perkelahian kecil keduanya. Namun, jangan khawatir karena hal tersebutsudah menjadi tingkah laku normal. Jika menyerah dan siap kawin  dengan jantan, induk betina akan menyandarkan perutnya pada alas kandang dan sedikit mengangkat bagian pantatnya. Saat itulah induk jantan akan mulai melakukan penetrasi dengan menaiki punggung induk betina. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan membuat induk terganggu ketika proses perkawinan sedang berlangsung.

Setelah dua hari, kembalikan induk jantan ke kandangnya. Bersihkan kandangnya sebelum dipindahkan. Jika masih belum yakin dengan keberhasilan pemijahan, setelah seminggu induk betina dapat digabungkan kembali dengan induk jantan dan dibiarkan bersama selama seminggu, lalu dipisahkan kembali.

Baca Juga:  Ikan Mola-Mola, Ikan Bertulang Terbesar di Dunia yang Suka Berjemur
Loading...
Loading...