Melihat Prospek Bisnis Patin di Indonesia

Pertanianku — Sobat Pertanianku, prospek bisnis patin di Indonesia ternyata cukup menjanjikan. Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat dari usaha budidaya salah satu jenis ikan air tawar ini. Pasalnya, ikan patin disebut-sebut sebagai tuna-nya Indonesia lho.

Praktisi budidaya ikan di Indonesia, Estu Nugroho, menjabarkan, bisnis ikan air tawar di Indonesia bersifat spesifik karena memiliki ciri khas, yaitu pemasarannya harus dalam bentuk hidup. Sebab, kata Estu, jika ikan dalam keadaan mati, harganya akan turun menjadi setengahnya. Oleh karena itu, bisnis ikan air tawar akan menjadi sukses jika kita tepat dalam memilih teknologinya.

Estu menekankan, teknologi yang efisien adalah jaminannya, di mana dengan teknologi tersebut kita akan mampu menekan HPP (harga pokok produksi) sehingga lebih bisa bersaing di pasaran. Untuk itu, salah satu unsur dari teknologi yang efisien adalah penggunaan benih unggul. Di mana, penggunaan benih unggul ini dapat memangkas biaya operasional atau HPP menjadi hanya sekitar 30—50 persen.

Loading...

“Ini adalah prospek yang cukup menggembirakan! Di dalam budidaya patin, ada segmen-segmen yang bisa kita ikuti,” katanya. Nah, sobat Pertanianku, penasaran kan segmen apa saja yang dimaksud Estu Nugroho? Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan dari video berikut ini.

Baca Juga:  Pasar Internasional Minati Kepiting Maluku
Loading...
Loading...