Melirik Potensi Budidaya Jambu Kristal


Pertanianku – Salah satu usaha yang cukup masih cukup potensial dikembangkan pada 2017 mendatang adalah usaha di bidang agribisnis. Usaha agribisnis yang saat ini banyak diminati adalah budidaya tanaman buah. Salah satunya, usaha budidaya jambu kristal. Terlebih saat ini telah banyak masyarakat menyukai jambu kristal ketimbang jambu biji pada umumnya. Hal ini karena jambu kristal memiliki biji yang sedikit.

melirik-potensi-budidaya-jambu-kristal

Bahkan, jika dilihat secara sepintas, jambu kristal hampir menyerupai jambu bangkok. Pada saat masa panen 1 buah jambu kristal dapat memiliki bobot mencapai 1 kg.

“Bahkan ada yang menyebutnya bentuk apel rasa pir,” kata salah satu petani jambu kristal di Bogor, Nali Abdurrahman.

Menurut Nali, usaha budidaya jambu kristal tetap bagus prospeknya karena buah jambu kristal tidak memiliki biji sehingga banyak disukai masyarakat. Terbukti hasil panennya selalu habis terjual. Bahkan, Nali mengaku kerap kekurangan untuk memenuhi permintaan yang datang.

“Pembeli selalu berebutan pesan jambu kristal,” ucapnya.

Senada dengan Nali, Ketua Kelompok Tani Jambu Kristal Bojong, Triyono, di Bojong, Jawa Barat, juga mengatakan bahwa peluang usaha jambu kristal berprospek cerah.

“Dengan modal minimal, tetapi keuntungan budidaya jambu kristal ini menjanjikan,” tutur Triyono.

Dengan keuntungan yang akan didapatkan cukup menjanjikan Triyono bersama kelompok taninya, menjadikan jambu kristal sebagai komoditas unggulan untuk peningkatan perekonomian rumah tangga melalui UMKM yang mereka rintis.

“Inilah alasannya jambu kristal jadi primadona petani karena unggul dalam cita rasa, mudah dibudidayakan, frekuensi panen yang tinggi, peluang wirausaha dengan permintaan tinggi, dan terus meningkat,” tambah Triyono.

Menyoal teknis budidayanya, kata Triyono, tanaman itu jelas mudah dibudidayakan. Dalam waktu hanya sekitar 7—8 bulan tanaman jambu kristal sudah bisa berbuah dan buahnya bisa mencapai berat 0,9 kg. Tak hanya itu, selain bisa ditanam di areal perkebunan, batangnya juga bisa dibudidayakan dalam pot (tabulampot) sehingga cocok untuk bisnis rumahan atau sekadar hobi.

Baca Juga:  Spanyol Punya Buah Istimewa, Alpukat Tanpa Biji

Soal harga, Triyono menuturkan, harga jual jambu kristal ini bermacam-macam tergantung dari ‘grade’-nya.

“Ada tiga ‘grade’ jambu kristal yang dihasilkan, yaitu ‘grade’ A, B, dan C,” katanya.

Buah jambu yang ‘grade’ A paling unggul dengan ciri-ciri bentuk buah yang sempurna, besar, bentuk yang simetris, permukaan kulit yang mulus dan ukuran besar satu buah jambu kristal ‘grade’ A bisa berbobot antara 0,8—1 kg.

Kemudian, untuk jenis ‘grade’ B, dengan ciri-ciri bentuk buah yang sempurna tetapi ukurannya sedikit lebih kecil daripada ‘grade’ A. Dalam satu kilogram berjumlah antara tiga atau empat buah.

“Sedangkan ‘grade’ C dengan ciri-ciri bentuk buah yang kurang sempurna, tidak simetris, ukurannya lebih kecil daripada ‘grade’ A yang bentuk sempurna simetris namun ukurannya lebih kecil dari ‘grade’ B. Karena dalam satu kilogram bisanya berjumlah antara empat atau lima buah,” paparnya.

loading...
loading...