Melon Mini, Inovasi Terbaru dari UGM

Pertanianku — Buah melon umumnya memiliki ukuran yang cukup besar, hampir mirip dengan buah semangka. Sebuah inovasi terbaru dari UGM (Universitas Gadjah Mada) justru menghasilkan buah melon berukuran mini. Melon mini ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan buah apel.

melon berukuran mini
Foto: instagram gamamelon

Varietas terbaru hasil penelitian Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada ini kemudian diberi nama Melon Baby Hikapel. Ukurannya yang mirip dengan buah apel menjadikan buah melon ini hanya memiliki berat kurang dari 250 gram per buahnya.

Selain ukuran, keunikan lain terdapat pada cita rasa melon mini. Buah melon ini memiliki tingkat kemanisan yang lebih tinggi ketimbang melon komersial kebanyakan. Selain itu, aromanya pun lebih harum dan lebih khas.

Loading...

Salah satu tujuan dibuatnya melon berukuran mini ini adalah kepraktisan. Melon dengan ukuran yang kecil lebih mudah dibawa ke mana-mana. Namun, karakteristik buahnya tidak berubah sehingga tetap disukai oleh konsumen.

Menurut salah seorang peneliti melon mini, Profesor Budy S. Daryono, dikutip dari beritasatu.com, mengungkapkan bahwa riset sudah dilakukan sejak 2015 silam. Riset ini didanai oleh Riset Produksi (Rispro) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan pada 2014—2016. Riset ini menghasilkan induk varietas melon mini, yakni Melon Handy Hikapel.

Mulanya, penelitian melon mini yang dimulai pada 2018 ini dilakukan untuk membuat inovasi dari varietas Melon Handy Hikapel tersebut. Melon Handy Hikapel sendiri memiki berat 250—850 gram per buahnya. Ukuran melon ini masih lebih kecil daripada melon kebanyakan. Namun, melon seukuran ini masih sulit untuk dibawa ke mana-mana.

Melon pada umumnya memiliki permukaan kulit yang kasar dengan pola yang khas. Namun, melon mini hasil inovasi UGM memiliki permukaan kulit buah lebih halus dan mulus. Jika dibelah, bagian dalam melon mini akan berwarna oranye.

Baca Juga:  Waspada! Serangga Biji Kakao Menyerang Saat Penyimpanan

Warna tersebut mengindikasikan adanya senyawa beta karoten yang terkandung pada melon mini. Buah tersebut juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti vitamin C dan beberapa mineral yang baik bagi tubuh.

Melon mini juga diharapkan bisa menjadi ikon oleh-oleh karena sangat cocok menjadi buah tangan. Keunggulan lain yang tak kalah menarik adalah Melon Baby Hikapel bebas kontaminasi pestisida, terutama senyawa ethrel yang berbahaya jika terkonsumsi.

Loading...
Loading...