Memahami 15 Pola Warna Ikan Koi

Pertanianku — Pola warna menjadi salah satu daya tarik dari ikan koi karena pola tersebut dapat menyeimbangkan bentuk tubuh ikan koi. Ada tiga kelompok pola warna ikan koi yang sering menjadi pemenang pada setiap kompetisi ikan koi, yaitu Kohaku, Taisho Sanke, dan Showa Sanshoku. Ketiga pola warna tersebut sering disebut Gosanke atau Tiga besar.

pola warna ikan koi
foto: pixabay

Kohaku

Menurut SNI, Kohaku merupakan ikan koi hidup yang memiliki warna dasar putih dengan bercak merah. Kohaku memiliki pola seperti bendera Jepang dengan bagian putihnya bersih seperti warna salju.

Loading...

Sanke/Taisho Sanshoku

Menurut SNI, Sanke merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan bercak merah dan hitam. Pola dasar merah terdapat pada bagian kepala dan garis lebar hitam berada pada bagian dadanya.

Showa

Berdasarkan SNI, Showa merupakan ikan koi hidup yang memiliki warna dasar hitam dengan warna bercak merah dan putih. Warna merah menonjol pada bagian dadanya dinamakan Hi Showa, sedangkan Showa yang memiliki warna putih dominan disebut Kindai Showa.

Utsurimono

Berdasarkan SNI, Utsurimono merupakan ikan koi hidup yang bersisik satu dengan warna dasar hitam.

Tancho

Berdasarkan SNI, Tancho merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan bulatan warna merah di kepala yang sudah melewati mata dan mulut.

Sushui

Berdasarkan SNI, Sushui merupakan ikan koi yang memiliki sisik besar, tetapi lembut dan memiliki warna biru gelap sepanjang punggung.

Asagi

Berdasarkan SNI, Asagi merupakan ikan koi yang memiliki warna punggung abu-abu kebiruan, sirip dan tutup insang merah.

Kromo

Berdasarkan SNI, Kromo merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan corak  biru di tepi tubuhnya.

Goshiki

Berdasarkan SNI, Goshiki merupakan ikan koi yang memiliki lima unsur warna, yaitu merah, putih, hitam, biru muda, dan biru gelap.

Hikari Mojimono

Berdasarkan SNI, Hikari Mojimono merupakan ikan koi yang memilki warna dasar metalik dan bentuk sisiknya menyerupai jaring. Hanya ada satu warna yang muncul di sekujur tubuhnya.

Hikari Moyomono

Berdasarkan SNI, Hikari Moyomoni merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar metalik dengan bentuk siripnya menyerupai jaring. Pola yang bermunculan sangat beragam, menyerupai Kohaku dan Sanke.

Hikari Usturimono

Berdasarkan SNI, Hikari Utsurimono merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar metalik dan bentuk sisiknya seperti jaring dan berpola hitam.

Kin Gin Rin

Berdasarkan SNI, Kin Gin Rin merupakan ikan koi yang memiliki warna perak dan warna hitam yang berselimutkan warna emas di badannya.

Beko

Berdasarkan SNI, Beko merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar sangat variatif, yaitu putih, merah, dan kuning dengan corak warna hitam.

Kawari Mono

Berdasarkan SNI, Kawari Mono merupakan ikan koi yang memiliki satu warna dengan sisik yang memanjang seperti jaring. Ikan koi ini umumnya didominasi oleh warna-warna gelap.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...