Memahami Arti Helaan Napas Anjing

Pertanianku – Saat anjing Anda berbaring, seringkali meletakan kepalanya di atas cakar depannya, kemudian anjing tersebut menghela napas. Apakah ia sedih? Hal tersebut menandakan bahwa anjing Anda sedang meluapkan emosinya.

Memehami Arti Helaan Napas Anjing

“Ketika helaan napasnya bersamaan dengan setengah bola matanya tertutup, tanda itu berarti anjing sedang menyampaikan kegembiraan. Jika kedua bola matanya terbuka, anjing sedang mengatakan kekecewaannya, seperti mengatakan saya rasa Anda sedang tidak ingin bermain dengan saya,” ujar Stanley Coren, Ph.D. dari American Kennel Club AKC.

Loading...

Saat Anda dan anjing Anda baru saja selesai bermain di lapangan atau berjalan-jalan di taman, helaan napas anjing dapat diartikan sebagai “Saya puas dan saya akan beristirahat di sini sebentar”. Ketika anjing Anda sedang memohon di samping Anda saat makan malam tanpa melakukan apa-apa, helaan napas tersebut berarti, “Saya menyerah sekarang dan hanya sedikit tertekan”.

Jika anjing Anda menghela napas atau menguap dengan membuat suara-suara lain secara berlebihan, sebaiknya Anda segera membawanya ke dokter hewan. Menghela napas yang dilakukannya bukan berarti anjing sedang meluapkan emosinya, hal ini bisa saja menunjukkan bahwa anjing sedang sakit.

“Hewan ini mengeluarkan berbagai suara, dan semua hal ini memiliki maksud yang berbeda tergantung pada faktor seperti konteksnya, pengalaman, hubungan, pribadi anjing itu sendiri dan banyak lagi,” jelas Katenna Jones dari Jones Animal Behavior, di Warwick, Pulau Rhode.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pohon Jambu Air Madu Deli
Loading...
Loading...