Memahami Ciri-ciri Domba Sedang Sakit

Pertanianku — Kondisi kesehatan domba perlu dipantau secara rutin agar Anda bisa mengetahui secepatnya apabila domba sedang sakit. Kondisi domba yang sedang sakit biasanya terlihat pada penampilan fisik tubuh dan perilakunya yang tidak normal. Berikut ini ciri-ciri domba sedang sakit dan perlu Anda segera tangani agar kondisinya tidak semakin parah.

domba sedang sakit
foto: Pertanianku

Perilaku

Domba yang sudah terlihat tidak mau makan atau nafsu makannya menurun, lesu, terus terbaring atau berdiri, dan memisahkan dirinya dari kelompok perlu diwaspadai. Pasalnya, bisa saja domba tersebut sedang mengalami gangguan kesehatan.

Domba yang sakit juga kerap tidak mau memandang, terlihat resah atau gemetar, serta menimbulkan reaksi yang berlebihan dan mengeluarkan suara asing. Domba juga tidak berjalan dengan sempurna atau pincang.

Domba terlihat menggerak-gerakkan kepala secara tidak normal, seperti ke satu sisi atau ke atas saja. Bagian kepala domba terlihat terkulai dan domba lebih sering berjalan di tempat.

Sistem pernapasan

Perhatikan secara saksama cara bernapas domba. Ritme napas domba yang sedang sakit tidak beraturan dan cenderung cepat. Napas domba terasa seperti terburu-buru.

Kondisi fisiknya

Domba terlihat kurus dan adanya penonjolan pada bagian tulang rusuk, tulang punggung, tulang pinggul, atau tulang lahirnya. Bagian legok laparnya terlihat cukup jelas. Bulu terlihat kusam atau kotor. Kotoran tersebut berasal dari luka, vagina, atau diare. Pada bagian kulit terlihat ada luka, gundul, iritasi, atau parasit.

Bagian kulit terasa lemas atau tidak elastis saat dicubit dan mudah terangkat serta tidak mudah kembali dengan segera. Kondisi tersebut menjadi pertanda bahwa domba sedang kekurangan cairan.

Bagian kepala

Pada bagian kepala terdapat kotoran atau eksudat berair, bernanah atau berdarah yang keluar dari bagian mulut, hidung, dan mata. Bagian mata terlihat buram, memerah, atau biru. Di bagian bawah kulit rahang bawah terlihat adanya pengumpulan cairan atau bottle jaw yang disebabkan oleh cacing parasit.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Cair dari Kotoran Kambing

Bagian mulut

Dari dalam bagian mulut terdapat kotoran atau keluaran seperti ludah, darah, dan makanan. Domba yang sakit juga kerap mengalami luka atau borok di dalam mulut.


loading...