Memahami Jenis-jenis Madu yang Ada di Indonesia

Pertanianku – Madu merupakan cairan seperti sirup yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga dan serbuk sari. Rasa manisnya yang khas, membuat madu sering dijadikan pengganti gula. Meskipun dihasilkan dari lebah, tidak semua lebah dapat memproduksi madu. Pasalnya, lebah yang memproduksi madu dengan jumlah yang banyak hanyalah lebah madu.

Lebah madu sendiri adalah serangga yang hidupnya berkelompok. Biasanya sekelompok lebah madu akan membuat sarang di pepohonan. Sarang ini terbuat dari perekat getah pohon dan juga diproduksi dari kelenjar lebah betina yang masih muda.

Madu yang dihasilkan oleh lebah berasal dari makanan yang telah mereka hisap berupa nektar bunga dan serbuk sari. Harga madu sendiri pun tergolong cukup mahal di pasaran.

Namun, tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki beragam jenis madu dengan keunikannya masing-masing. Yuk, kenali dan pahami jenis madu yang ada di Indonesia.

Back

3. Madu kopi

Sesuai dengan namanya, madu ini dihasilkan dari bunga kopi pilihan. Madu kopi memiliki aroma yang khas saat dikonsumsi. Madu ini juga sangat ampuh untuk mengatasi insomnia, memperlancar nafsu makan, dan mengobati luka bakar.

Back