Memahami Kriteria Arwana yang Baik


Pertanianku – Arwana merupakan jenis ikan purba yang memang menarik untuk dijadikan sebagai ikan hias. Di Indonesia, terdapat 3 jenis  arwana yang dikenal oleh kalangan hobiis, yaitu super red, golden red, dan arwana hijau. Memang, tidak mudah dalam memilih arwana, terlebih bagi para hobiis pemula. Namun, berikut beberapa cara mudah dalam memilih arwana yang baik.

Pahami Kriteria Arwana yang Baik

  • Arwana memiliki gerakan yang santai dan tenang, tidak tergesa-gesa, serta selalu berenang di bagian tengah akuarium. Tanda-tanda tersebut mengindikasikan bahwa arwana dalam kondisi sehat.
  • Warna sisik arwana terlihat mengilap, tidak ada bekas luka di tubuhnya, serta memiliki anggota tubuh yang lengkap/ normal (tidak ada sungut yang putus atau ekor yang robek).

Kondisi mata yang normal menjadi salah satu kriteria yangharus diperhatikan ketika akan memilih arwana sebagai ikan hias peliharaan. Hal ini karena mata yang juling atau buta akan mengurangi keindahan penampilan arwana dan membuat arwana mudah terserang stres. Untuk itu, jangan memilih  arwana dengan kondisi kelopak mata arwana tampak sedikit terbenam ke dalam, bola mata bagian atas terlihat keluar, serta pada bagian kornea mata terdapat warna putih. Kondisi-kondisi demikian merupakan beberapa pertanda mata arwana juling atau buta.

Umumnya, arwana yang kerap menjadi jawara kontes adalah yang berkelamin jantan. Hal ini karena bentuk arwana jantan lebih kekar dan proporsional. Untuk membedakan antara arwana dan betina memang tidaklah mudah. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain dengan mengurut bagian perut ke arah kloaka. Bila jantan, setelah pengurutan akan keluar cairan kecokelatan. Cara ini memang tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang atau hanya bisa dilakukan oleh orang yang telah ahli karena salah-salah bisa menyebabkan kematian. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengamati ciri-ciri pada bagian kepala, tubuh, dan sirip punggungnya. Arwana jantan memiliki kepala yang runcing, tubuh yang memanjang, dan sirip punggung agak meruncing.

Baca Juga:  Tingkatkan Potensi Ikan Hias Lewat Nusantara Aquatic (Nusatic)

 

Sumber: Buku 200 Tips Merawat Ikan Hias Di Rumah

 

loading...
loading...