Memahami Masa Kehamilan Kambing

Pertanianku – Ketika menjalankan usaha ternak kambing, setelah kambing melakukan perkawinan pasti akan mengalami masa kebuntingan atau hamil. Pada masa ini kambing membutuhkan perawatan yang berbeda dari kambing biasa pada umumnya. Jadi, sangat penting mengetahui ciri-ciri kambing yang sedang hamil. Demikian pula pada saat akan melahirkan, kita juga perlu memahami tanda-tandanya agar dapat memastikan apakah proses kelahirannya normal atau harus dibantu.

Masa kehamilan pada kambing dibagi menjadi dua periode. Periode pertama, saat kehamilan berusia 2—3 bulan (hamil muda). Periode kedua, 1—2 bulan sebelum melahirkan atau saat usia kandungan 4—5 bulan (hamil tua).

Pada periode pertama kehamilan kambing, belum terlihat jelas perbedaan fisik yang nyata. Apalagi jika kambing tersebut adalah kambing dara atau kambing yang baru pertama kali hamil. Ukuran ambingnya pun masih kecil sehingga sulit untuk menentukan apakah kambing dara tersebut sedang hamil atau tidak.

Namun, biasanya kambing yang sedang hamil memiliki cirri antara lain jinak, lebih tenang, dan tidak gelisah. Kulitnya berubah jadi kendor atau lemas, pusar di perut melebar, bulu rontok dan agak mengkilap. Nafsu makannya pun menjadi bertambah sehingga badan si kambing menjadi agak gemuk. Barulah saat kehamilan kambing memasuki usia 3 bulan mulai terlihat perubahan yang nyata dari bentuk badannya seperti perut kambing yang semakin membesar seiring usia kehamilan yang semakin tua.

Ada cara sederhana untuk mengetahui apakah kambing sedang hamil atau tidak. Pertama, ikat leher kambing dengan tali pada tiang agar tidak lari, kemudian tutup hidung dan mulut kambing dengan tangan secara rapat. Jika dalam hitungan 30 detik si kambing terkencing-kencing berarti si kambing sedang hamil sekitar 1—2 bulan. Jika dalam waktu 20 detik si kambing sudah terkencing-kencing, berarti kambing diperkirakan sedang hamil 3—4 bulan. Dan, kalau dalam waktu 10 detik saja kambing sudah terkencing-kencing, berarti kambing sedang hamil tua sekitar 5 bulan. Cara ini diajarkan dan sudah dipraktikkan oleh seorang mantri hewan yang sedang memeriksa kambing di Etawa Farm.

Sementara itu, kambing yang sudah pernah beranak, lebih mudah lagi dikenali kehamilannya, bahkan saat usia kehamilannya kurang dari 2 bulan. Ambing susu membesar, jika diperah akan keluar cairan bening yang lengket di kulit dan pada usia kehamilan yang lebih tua cairan tersebut berubah menjadi warna kuning transparan. Pusar di perutnya melebar, nafsu makan bertambah, dan perutnya membesar.

loading...
loading...