Memahami Pengertian Urban Farming yang Sedang Digandrungi di Tengah Pandemi

Pertanianku — Saat ini tren urban farming sudah banyak diikuti oleh masyarakat di tengah masa pandemi. Selain bisa mengisi waktu kosong, kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga ketahanan pangan keluarga. Pengertian urban farming sendiri adalah kegiatan menanam dan menumbuhkan tanaman di area padat penduduk yang hasilnya lebih diutamakan untuk penggunaan pribadi atau dijual oleh orang-orang sekitar.

pengertian urban farming
foto: pixabay

Di tengah pandemi, banyak orang yang memiliki waktu senggang karena sebagian pekerjaannya harus dilakukan dari rumah. Waktu yang tersedia tersebut bisa digunakan untuk melakukan budidaya sayuran dari rumah. Kegiatan urban farming bisa dibilang kegiatan multimanfaat yang menyenangkan.

Dahulu, kegiatan bertani identik dengan menanam tanaman pada area yang luas dengan ratusan benih tanaman. Semakin bertambahnya populasi manusia, lahan pertanian secara perlahan semakin berkurang, hal tersebut menyebabkan produksi kebutuhan pangan berkurang.

Loading...

Selain itu, dampak dari bertambahnya jumlah populasi adalah mulai berkurangnya pepohonan di beberapa daerah, terutama di kawasan padat penduduk seperti perkotaan. Hal tersebut menyebabkan kualitas udara semakin menurun.

Kegiatan urban farming sudah tentu turut bisa berkontribusi menjaga keseimbangan lingkungan agar tidak semakin rusak. Hal ini memang merupakan langkah kecil. Namun, jika dilakukan bersama-sama, tentunya bisa menjadi solusi untuk mengembalikan keseimbangan alam dengan cara yang berbeda penuh dengan inovasi untuk memudahkan masyarakat menanam sayur di perkotaan.

Ketersediaan pangan menjadi lebih stabil karena pekarangan bisa menghasilkan sebagian komoditas bahan pangan, hijauan di perkotaan semakin bertambah, dan kualitas udara bisa diperbaiki secara perlahan.

Setelah Anda mengetahui pengertian urban farming beserta manfaatnya, kini saatnya mulai mempertimbangkan sistem bercocok tanam ini. Dalam buku Urban Farming: Bertani Kreatif  Sayur, Hias, & Buah menjelaskan berbagai jenis model urban farming yang bisa Anda lakukan di pekarangan rumah atau lahan sempit. Dalam buku tersebut juga terdapat tutorial budidaya sayur yang dijelaskan dengan gambar.

Baca Juga:  Penuhi Kebutuhan Vitamin C dengan Pepaya Carmina

Nilai tambah dari kegiatan urban farming adalah hasil yang didapatkan jauh lebih sehat, seragam, dan ekonomis. Sayuran yang dihasilkan berupa sayur organik yang bebas dari bahan kimia sehingga sangat baik untuk tubuh. Selain itu, rasanya akan lebih renyah dan lezat.

 

 

 

Loading...
Loading...