Memahami Proses Melahirkan Kambing yang Tidak Normal

Pertanianku — Normalnya, induk kambing tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, beberapa kali kerap ditemui kasus yang menyebabkan induk perlu diberikan bantuan agar proses melahirkan kambing berjalan lancar. Salah satu indikasi induk yang kesulitan melahirkan adalah anak kambing yang tidak keluar/dilahirkan setelah 45—60 menit pecah ketuban karena posisi janin tidak normal.

proses melahirkan kambing
foto: pertanianku

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu posisi anak kambing yang normal saat sebelum dilahirkan. Bagian kepala dan kedua kaki depan menghadap ke saluran keluar (anterior) dan kedua kaki belakang mengarah ke saluran keluar.

Kondisi melahirkan dikatakan tidak normal apabila salah satu kaki depan kambing mengarah ke belakang, kepala memutar ke belakang, dan kepala serta keempat kakinya mengarah ke belakang.

Proses melahirkan kambing yang tidak normal juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti induk memiliki pinggul yang sempit, bobot janin terlalu besar, janin sudah mati sebelum dilahirkan, dan induk berada dalam kondisi lemah/sakit.

Proses melahirkan yang tidak normal membutuhkan bantuan peternak. Bantuan yang akan diberikan saat proses kelahiran anak kambing sebagai berikut.

  • Baringkan induk pada sisi kanan sambil menekan lembut bagian leher.
  • Bersihkan vulva dan daerah di sekitarnya dengan sabun.
  • Bersihkan tangan dan lumuri dengan sabun atau pelici
  • Masukkan tangan dengan lembut ke vulva dalam posisi setengah menutup.
  • Raba dan rasakan posisi bagian tubuh anak, seperti kaki dan kepala. Cari tahu apakah anak yang dilahirkan tunggal atau kembar.
  • Jika posisi tidak normal, kembalikan posisinya menjadi normal, kemudian tarik secara perlahan bagian kepala dan kaki.
  • Bersihkan seluruh tubuh anak yang baru dilahirkan dari selaput dan cairan yang menempel dengan kain bersih dan kering. Bersihkan cairan yang berada di bagian hidung agar anak kambing dapat bernapas normal.
  • Dekatkan anak yang sudah dibersihkan dan dikeringkan kepada induknya.
Baca Juga:  Kriteria Daging Sapi yang Cocok Dibuat Menjadi Bakso

Jika Anda mendapati proses kelahiran yang tidak normal, Anda harus sigap mencari tahu penyebabnya. Apabila disebabkan oleh posisi janin yang salah, posisi anak kambing perlu dibetulkan dan tidak boleh langsung ditarik karena akan menyebabkan kematian pada anak kambing.