Memahami Sifat Alami Lobster Air Tawar

Pertanianku Lobster air tawar termasuk komoditas perikanan air tawar yang mudah dibudidayakan. Lobster dapat ditemui di danau air tawar, rawa-rawa, dan sungai. Di habitat aslinya, hewan ini biasanya bersarang di celah-celah bebatuan dan akar pohon.

lobster air tawar
foto: Pixabay

Komoditas lobster air tawar memiliki beberapa sifat alamiah yang unik. Sifat alami ini perlu Anda ketahui sebelum mulai budidaya lobster air tawar agar Anda dapat mengetahui cara penanganan yang tepat saat memeliharanya. Berikut ini beberapa sifat alami lobster air tawar yang perlu Anda ketahui.

Aktif berjalan

Lobster tergolong aktif berjalan dan sering memanjat keluar kolam apabila dibudidayakan di kolam. Oleh karena itu, Anda perlu membuat dinding kolam menjadi licin dan selang aerator harus dijepit atau diapit menggunakan kaca atau papan untuk mencegah lobster memanjat keluar dari kolam.

Mengalami pergantian kulit

Pergantian kulit atau moulting merupakan proses yang akan dialami oleh lobster. Intensitas proses ini akan semakin berkurang menjadi beberapa bulan sekali, bahkan bisa menjadi satu tahun sekali.

Kanibal

Lobster merupakan hewan kanibal. Saat berada di tahap moulting, lobster akan lebih mudah diserang karena kondisi lobster lemah. Oleh karena itu, pakan untuk lobster harus diberikan secara tepat dan cukup untuk menghindari kanibalisme.

Lebih sering beraktivitas pada malam hari atau saat gelap

Lobster air tawar lebih cenderung beraktivitas pada malam hari atau ketika gelap. Oleh karena itu, sebaiknya berikan makanan saat malam hari. Sementara itu, pada siang harinya lobster cenderung bersembunyi. Siapkan pula tempat-tempat persembunyian untuk lobster yang terbuat dari pipa paralon atau bahan lainnya.

Melawan arus

Di habitat aslinya, lobster senang mencari sumber air yang baru. Hewan ini senang melawan arus air.

Baca Juga:  Sederet Keunggulan Bawal Hybrid Primadona di Kepulauan Riau

Senang berkelahi antarkelompok

Pengelompokan lobster berlangsung secara alami di habitat aslinya. Antarkelompok lobster bisa saling berkelahi. Untuk mencegah perkelahian, Anda dapat memilah lobster menurut kelompoknya atau menambah tempat persembunyian.

Tidak berbau amis

Tidak seperti komoditas perikanan umumnya, lobster air tawar tidak menebar bau amis sehingga bisa Anda budidayakan di pekarangan.