Memahami Suhu Optimal untuk Brooding Ayam

Pertanianku — Masa brooding merupakan masa penting yang harus dilalui oleh ayam dan menjadi modal awal ayam untuk mendapatkan sistem metabolisme yang baik sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Pada masa ini, ayam akan membutuhkan penghangatan dengan suhu yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu memahami suhu optimal untuk brooding ayam.

brooding ayam
foto: pertanianku

Suhu masa brooding berdasarkan literatur 33—35°C dan akan menurun 0,5°C setiap harinya. Namun, sebagian peternak ada yang menghadapi kondisi ayamnya yang panting (megap-megap/membuka paruhnya), padahal saat dicek suhu dalam brooding hanya 30°C. Peternak harus mengetahui faktor yang menyebabkan anak ayam panting.

Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian di lapangan yang menyatukan antara literatur dan pengalaman menemukan satu fakta, bahwa manajemen pemeliharaan pada masa brooding harus diubah. Peternak harus mengerti besaran suhu yang efektif dan benar-benar dirasakan oleh ayam, bukan standar suhu yang sudah ditetapkan secara teoritis.

Loading...

Suhu efektif merupakan suhu yang terukur dan dikombinasikan dengan kelembapan relatif (persen RH) terukur. Artinya, jika pada catatan suhu sebesar 30°C, suhu yang dirasakan oleh ayam belum tentu mencapai 30°C.

Sebagai contoh, misalnya pada saat yang bersamaan tingkat kelembapan terukur 85 persen, suhu yang dirasakan oleh ayam adalah sama, yaitu 30°C. Inilah yang disebut dengan suhu efektif, yakni suhu kombinasi yang dirasakan dari kombinasi suhu dan persen kelembapan relatif.

Kombinasi antara suhu dan tingkat kelembapan masuk dalam pengertian dasar heat stress index. Heat stress index merupakan indeks yang menggambarkan ukutan tingkatan kondisi di mana ayam masih bisa beradaptasi atau tidak. Pada umumnya, heat stress index yang masih bisa ditoleransi oleh ayam adalah 160. Jika di atas 160, ayam akan mati. Sementara, di bawah 160, ayam masih bisa bertahan hidup.

Baca Juga:  Cara Mencegah Bibit Penyakit Berkembang di Kandang Ayam

Tingkat ini sangat dipengaruhi oleh tingkat kelembapan. Pada suhu yang sama, yakni 30°C dengan suhu yang lebih tinggi akan menciptakan heat stress index yang lebih tinggi sehingga menyebabkan ayam tidak bisa tahan atau mengalami panting.

Perhitungan heat stress index bisa didapatkan dengan menambahkan suhu dalam satuan Fahrenheit dengan kelembapan relatif 30°C (86°F) dan kelembapan relatifnya sebesar 85 persen. Maka, heat stress index sebesar 171, jauh di atas dari 160.

Heat stress index DOC adalah 155, sedangkan pada umur 35 menjadi 140. Tingkatan akan bergantung pada umur ayam. Hal ini merupakan kesalahan yang jarang disadari oleh para peternak dan menjadi kesalahan utama yang menyebabkan kegagalan, yakni salah memperkirakan besaran suhu masa brooding.

Loading...
Loading...