Memahami Tahap Budidaya Jamur Merang

Pertanianku — Ada empat tahap yang harus Anda pahami saat ingin memulai budidaya jamur merang, yakni isolasi, pembuatan bibit, penanaman dan pemanenan, serta pengolahan. Anda tidak perlu mengusahakan semua tahap budidaya jamur merang. Anda dapat memilih tahapan sesuai dengan keahlian dan modal yang dimiliki. Berikut ini uraian singkat mengenai empat tahapan budidaya jamur merang.

budidaya jamur merang
foto: pertanianku

Tahap isolasi

Tahap isolasi bertujuan memperoleh kultur murni atau biakan murni. Pada tahap ini sangat memerlukan teknologi khusus yang hanya bisa dilakukan oleh ahli mikologi atau ahli mikrobiologi atau teknisi di bawah pengawasan salah satu dari kedua ahli tersebut. Para ahli sudah mengetahui cara menyediakan dan memelihara biakan murni agar tidak terkontaminasi atau menurun sifat genetiknya.

Selain pembuatannya, para ahli juga mengetahui cara penyimpanan dan pemeliharaan biakan murni atau kultur sediaan di bank miselium. Pembudidaya jamur sebaiknya mendapatkan biakan murni dari bank miselium atau pengoleksi biakan karena kultur murni tersebut terjamin kemurniannya.

Pembuatan bibit

Setelah mendapakan biakan yang murni dari bank miselium, tahap selanjutnya adalah pembuatan bibit (spawn). Bibit jamur merupakan miselium jamur yang berupa benang-benang halus dan tumbuh pada media tumbuh yang cocok.

Untuk pengusaha jamur skala kecil, lebih baik membeli bibit dari pengusaha bibit karena akan lebih menguntungkan. Sementara itu, pengusaha jamur skala besar akan lebih menguntungkan bila bibit disediakan sendiri, bahkan biakan murni sendiri. Namun, tentunya Anda memerlukan tenaga ahli mikologi atau mikrobiologi.

Penanaman dan pemanenan

Tahapan ini dilakukan setelah Anda mendapatkan bibit jamur. Dalam tahap ini bibit jamur ditanam pada media tumbuh untuk pertumbuhan jamur. Media tumbuh yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis jamur yang digunakan. Kunci keberhasilan tahap ini ialah manajemen pemeliharaan dan bibit yang digunakan.

Baca Juga:  Pestisida Nabati untuk Menumpas Hama Cabai

Tahap pengolahan

Tahap terakhir merupakan pengolahan dan pengawetan hasil panen. Umumnya, jamur merang dipasarkan dalam keadaan segar atau dalam kaleng. Pada tahap ini diperlukan pengetahuan yang khusus diperlukan untuk aspek penyimpanan karena jamur merupakan bahan segar yang hanya bisa bertahan 1—2 hari.