Memahami Umur Panen Sayuran

Pertanianku — Setiap jenis sayuran akan memiliki umur panen sayuran yang berbeda-beda. Bahkan, meskipun sama, panen masih bisa saja beda karena perbedaan penanganan dan kondisi. Sayuran harus dipanen pada waktu yang tepat sesuai dengan tujuan agar tidak merugikan karena kualitasnya menurun. Sayuran yang terlalu dini dipanen akan terasa pahit, sedangkan yang terlambat dipanen akan keras saat diolah. Oleh karena itu, Anda harus memahami umur panen sayuran.

umur panen sayuran
foto: pertanianku

Bawang bombai

Pada umumnya bawang bombai sudah bisa dipanen saat 4—5 bulan setelah masa tanam. Ciri-ciri bawang bombai yang siap panen adalah daun terliaht menguning, umbi lapis sudah terlihat padat berisi dan sebagian muncul ke permukaan tanah, serta warna kulit umbi mengilap.

Loading...

Bawang daun

Bawang daun sudah bisa dipanen saat 2,5 bulan setelah tanam. Ciri-ciri daun bawang yang sudah siap panen adalah berbentuk bulat panjang dan berlubang seperti pipa.

Bawang merah

Bawang merah sudah bisa dipanen saat usia 3—3,5 bulan setelah tanam. Ciri fisik dari bawang merah yang sudah siap dipanen adalah memiliki 60—90 persen batang yang lemas dan daunnya menguning, umbi lapis sudah terlihat padat berisi dan sebagian muncul di permukaan tanah, serta warna kulit umbi sudah memerah.

Bayam

Bayam sudah bisa dipanen saat 1—1,5 bulan setelah tanam dengan tanaman yang sudah terlihat tinggi sekitar 15—20 cm dan belum berbunga.

Cabai merah

Cabai sudah bisa dipanen pada 4 bulan setelah tanam dengan tampilan buah yang sudah mulai berwarna merah.

Cabai rawit

Biasanya cabai rawit sudah bisa dipanen setelah 2,5—3 bulan masa tanam. Cabai yang sudah bisa dipanen terlihat berwarna hijau terang dan berdinding keras/kaku dan tebal.

Baca Juga:  Cara Memelihara Pohon Terung yang Ditanam Secara Organik

Kangkung

Kangkung sudah bisa dipanen setelah 1—1,5 bulan setelah tanam. Kangkung yang sudah bisa dipanen ditandai dengan tinggi batang yang sudah mencapai 15—20 cm dan dari seluruh cabangnya sudah ditumbuhi daun.

Lobak

Lobak sudah bisa dipanen saat 2 bulan setelah tanam. Lobak yang sudah siap dipanen akan terlihat muncul ke atas permukaan tanah.

Paprika

Paprika biasanya sudah bisa dipanen pada 4—5 bulan setelah masa tanam. Buah paprika yang sudah masak terlihat besar dan berwarna merah atau kuning.

Sawi hijau

Pada umumnya sawi bisa dipanen saat 2 bulan setelah masa tanam. Sawi yang sudah siap panen ditandai dengan daun terbawahnya sudah berwarna kuning dan belum memasuki masa berbunga.

Seledri

Umur panen sayuran seledri berlangsung setelah 2—3 bulan setelah masa tanam. Seledri yang siap dipanen ditandai dengan daunnya yang sudah berwarna hijau tua, tidak layu, dan daunnya menguning.

 

 

 

Loading...
Loading...