Memanfaatkan Biogas dan Hasil Buangan dari Pengolahan Biogas

Pertanianku — Biogas yang dihasilkan oleh alat mempunyai kandungan energi atau tenaga. Biogas merupakan bahan bakar alternatif untuk menggantikan minyak diesel, bensin, kayu bakar, atau arang kayu. Memanfaatkan hasil pengolahan biogas sebanyak 1 m3, sama saja menggunakan 0,4 kg minyak diesel, 0,6 kg bensin, dan 0,8 kg arang kayu.

pengolahan biogas
foto: pertanianku

Biogas terbentuk setelah melalui proses yang cukup panjang. Masyarakat dapat memanfaatkan biogas yang memiliki kandungan gas methan yang mudah terbakar. Sifat mudah terbakar inilah yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi bahan bakar alternatif.

Sebagai perbandingan, pabrik yang memanfaatkan pengolahan biogas mampu menjalankan 1 mesin PK selama 2 jam, menghasilkan listrik sebesar 1,25 Kwh, menyalakan kompor gas untuk dimasak tiga kali sehari bagi satu keluarga yang beranggotakan 5 oang, menyalakan lampu setingkat dengan bola lampu sebesar 60 watt selama 6 jam, menghidupkan kulkas selama 1 jam dan menjalankan mesin tetas selama setengah jam.

Biogas yang dimanfaatkan menjadi bahan bakar untuk memasak biasanya akan disalurkan ke kompor gas. Kompor gas yang menggunakan tenaga biogas dapat dirakit sendiri atau membeli kompor yang sudah jadi. Sebenarnya, biogas dapat digunakan pada semua jenis kompor.

Dalam penggunaan biogas sebagai bahan bakar kompor hanya perlu memerhatikan beberapa hal, yaitu kesesuaian campuran biogas dengan udara. Campuran yang sempurna antara biogas dan udara akan ditandai dengan nyala api yang berwarna biru dan memiliki panas yang tinggi.

Jika campuran yang dibuat kekurangan udara, nyala api akan berwarna kuning dan panasnya kurang. Namun, jika campuran kekurangan biogas, kompor tidak akan menyala. Agar dapat menyesuaikan campuran yang tepat, Anda dapat melakukan campuran dengan menyetel alat pengatur pada kompornya.

Kotoran yang diolah menjadi biogas juga akan menghasilkan hasil samping berupa limbah biogas. Namun, limbah ini juga masih bisa berguna untuk dijadikan pupuk tanaman. Limbah ini berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah dan memberikan kandungan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman.

Baca Juga:  KKP Kembangkan Fish way di Bendungan untuk Memudahkan Migrasi Ikan

Bahkan, kotoran yang menjadi limbah biogas sudah matang secara otomatis sehingga bisa langsung digunakan dan tidak perlu melakukan proses pengomposan. Jadi, seluruh limbah tidak ada yang terbuang sia-sia karena semuanya memiliki kandungan manfaat jika diolah.

 


loading...